Tips pameran dimall
Tips Bisnis

Raup Keuntungan Berlipat Saat Pameran di Mall dengan Tips Berikut Ini

19 Januari 2019

Tempat paling strategis untuk berjualan adalah tempat yang ramai dikunjungi. Salah satunya Mall. Karena itu pameran di Mall masih menjadi strategi promosi beberapa produk baik perusahaan besar maupun UMKM. Tapi tentu saja tidak semua pameran sesuai dengan  target yang diharapkan. Berdasarkan pengalaman pameran di Mall untuk produk mebel Kami beberapa tahun silam, beberapa tips berikut ini bisa Kamu jadikan panduan sebelum mengadakan pameran di Mall.

Oh ya ada dua cara mengadakan event di Mall. Pertama, melakukan pameran sendiri dengan menyewa stand langsung ke pihak manejemen mall. Kedua adalah mengadakan pameran bersama dengan pemilik produk lain. Biasanya untuk itu ada EO (Event Organizer) pameran di Mall yang menangani. Jadi mengenai pembayaran stand dll penyewa stand langsung berhubungan dengan pihak EO. Pameran seperti ini biasanya bersifat tematik. Misalnya ketika ramadlan, tema pamerannya produk-produk untuk persiapan lebaran seperti busana muslim, parcel dan lain-lain.

Tips Pameran di Mall

1. Cari Moment yang Tepat Untuk Pameran

Ada saat-saat tertentu dimana terjadi lonjakan pengunjung di mall. Moment seperti itulah yang harus Kita ketahui sebelum  mengadakan bazar di mall. Tingginya jumlah pengunjung di mall akan meningkatkan peluang Kita mencapai target yang Kita inginkan.

Biasanya mall ramai pengunjung saat weekend, libur hari besar/tanggal merah, libur sekolah, menjelang ramadhan hingga lebaran. Diantara semua moment tersebut saya biasanya memilih hari-hari saat bulan ramadhan. Logika saya sederhana; pada saat itu banyak orang yang mendapatkan THR dan juga menjelang lebaran. Jadi banyak yang ingin mengubah suasana rumahnya dengan membeli furniture baru.

Tips Bisnis Kos-kosan : Cara Mengatasi Penyewa Kos yang Susah Bayar

2. Pilih Tempat Strategis Untuk Pameran

Untuk pameran di dalam mall, biasanya pihak manajemen  memusatkan area pameran di lantai dasar. Dari semua lokasi pameran tersebut Kita harus jeli memilih tempat yag strategis untuk mengadakan pameran. Tips pameran di mall berikutnya adalah mengusahakan memilih tempat yang dilalui banyak orang. Pengalaman saya, area stand pameran yang posisinya lurus dengan pintu masuk mall adalah yang paling strategis.

tips pameran di mall
Pameran dengan posisi lurus pintu masuk cukup strategis mendatangkan banyak pengunjung (Lokasi foto : Plaza Mulia Mall Samarinda)

Pemilihan tempat pameran ini cukup krusial dan mempengaruhi pencapaian target. Karena itu memesan stand pameran di mall harus jauh-jauh hari dilakukan.  Jika tidak mendapatkan tempat yang strategis sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengadakan pameran sesuai rencana. Karena pengalaman saya melakukan itu malah hasilnya jauh dibawah target yang diharapkan.

Kenapa bisnis online perlu punya website marketing? Ini alasannya.

3. Pajang Produk yang Menarik

Buat konsep pameran di mall menyesuaikan ukuran stand pameran dengan produk yang Kita miliki. Mengenai produk yang dipamerkan, jika memungkinkan  semua produk bisa Kita pajang di stand pameran. Tapi jika produk kita berukuran besar, sebaiknya pilih produk yang paling menarik. Bisa juga memilih produk terbaru jika tujuan pameran sekalian pengenalan produk terbaru dari brand yang Kita pamerkan.

resolusi bisnis 2019

Sebagai contoh bed canopy dengan kelambu etnik ini dulu sukses menarik perhatian pengunjung mall SCP Samarinda. Beberapa pengunjung yang mampir ke pameran, produk yang pertama ditanyakan adalah bed canopy tersebut.

4. Siapkan Media Promosi untuk Pameran

Tidak semua pengunjung akan melakukan pembelian produk saat itu juga. Karena itu media promosi seperti brosur, katalog produk, kartu nama dan lain-lain harus Kita siapkan. Agar pengunjung stand tetap mendapatkan informasi produk Kita. Dan harapannya, suatu saat mereka tetap melakukan pembelian langsung ke toko Kita saat selesai pameran.

Media promosi juga bisa Kita sebarkan di rambu-rambu lalin di jalan sekitar Mall. Agar lebih banyak orang yang tahu bahwa Kita melakukan pameran di Mall tersebut.

Baca : Cara Sukses Bisnis Online Tanpa Modal

5. Desain Stand Pameran Menarik

Stand pameran yang desainnya menarik akan mencuri perhatian para pengunjung mall. Strategi ini bisa dilakukan terutama jika Kamu tidak mendapatkan tempat pameran yang strategis. Dengan melihat stand pameranmu dari jauh, harapannya mereka akan penasaran dan mendekat ke stand pameranmu.

Semoga tips pameran di mall ini bermanfaat. Dan semoga pameranmu sukses. Aamiin. Jangan lupa share jika artikel ini menarik dan tinggalkan komentar jika ada tips lain yang ingin Kamu share. 

Only registered users can comment.

  1. Bed canopynya baguuuus
    Pastinya menraik banget buat para pengunjung mall
    Sebagai orang yang gak tahan sama aroma obat nyamuk, baik bakar maupun semprot
    Pilihan bed canopy adalah yang paling sehat dan tepat

  2. Jadi kebayang nih misal suatu saat udah mulai bisnis sendiri dan harus promosi barang jualan. Sangat berliku-liku ya ilmu yang harus diterapkan untuk mengikuti pameran di mall gini.

    Biasanya kalau lokasi strategis gitu harga sewanya jauh lebih mahal ya. Pas nih klo dikasih tips desain antimainstream agar pengunjung tertarik.

  3. biaya pameran di mall emang lumayan mahal ya mb, tapi biasanya sepadan sih ama omsetnya. tapi keknya perlu cari mall yang bener-bener rame deh, macam di jakarta ini, karena banyaknya mall, ternyata ada juga yang cukup sepiiiiii, jadi kudu survey juga yaaaaa biar gak salah pilih mall

  4. pameran di mall, secara biaya memang lebih tinggi ya, tapi biasanya balik modal dan untungnya juga lumayan. tapi jangan sampai pilih mall dan hariiii kali ya mb, biar kita tepat milih mall yang memang ramai atau sesuai pangsa pasar, dan hariiii yang tepat biar pas baru tinggi-tingginya pengunjung

    nice sharing mba!

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!