Tips Menulis Artikel di Blogspot

Sebuah artikel dalam sebuah blog adalah ibarat raja. Pepatah ini sebenarnya tidak berlebihan. Sebuah blog dapat dikatakan bagus jika memiliki artikel yang berkualitas. Untuk membuat artikel yang berkualitas  tentu bukan perkara mudah. Kita harus sering berlatih dan mempelajari ilmunya dari para sumber yang terpercaya agar kita bisa meningkatkan kualitas artikel kita.

Nah, dalam membuat artikel di blogspot. Kita bisa masuk ke dasbor blog Pos seperti gambar dibawah ini.

Secara umum tampilan halaman Membuat pos/entri/artikel  baru di blogspot ini memiliki beberapa menu bar yang hampir sama dengan Microsoft word. Hanya saja ada beberapa fungsi icon yang perlu diperhatikan ketika Anda membuat artikel.  Beberapa fungsi icon di menu bar pada entri baru blogspot akan saya jelaskan lebih detail pada gambar dibawah ini.

Keterangan Gambar dan Tips Menulis Artikel di Blogspot

  1. Judul Pos/Artikel. Tulis judul Pos/Artikel yang mengandung kata kunci (keyword) yang anda bidik di blog Anda. Hal ini akan membantu artikel Anda lebih mudah dideteksi Mesin Pencari.
  2. Mode Compose dan Mode HTML. Mode compose adalah mode menulis artikel standar dan paling sering digunakan. Sedangkan mode HTML adalah Mode menulis saat kita akan menambahkan, mengurangi maupun mengubah kode HTML dalam penulisan artikel kita.
  3. Tulis Artikel Anda disini. Tulis artikel minimal 300 kata. Sebaiknya tidak kurang dari itu. Untuk mengecek jumlah kata dalam artikel Anda, Anda bisa menggunakan tolls idwordcounter360.com.

Meskipun Anda menulis sendiri artikel dan tidak melakukan copy paste artikel orang lain. Anda harus tetap memastikan bahwa artikel yang Anda tulis 100% unik dan tidak melanggar hak cipta karya orang misalnya plagiarisme. Oleh karena itu, cek artikel anda pada www.smallseotools.com. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengcopy artikel Anda lalu buka website diatas lalu paste-kan artikel Anda di kolom Plagiarism-checker

Jika hasil pengecekan menunjukkan artikel Anda 100% unik berarti Anda tinggal mempublikasikannya. Tapi jika ada beberapa kalimat ternyata dianggap plagiat maka sebaiknya Anda segera merubahnya. Untuk merubahnya sangat mudah, Anda tinggal mengurangi kata-kata yang dianggap tidak perlu atau menambahkan kata-kata yang diperlukan.  Sehingga artikel Anda menjadi 100% unik.

  1. Icon untuk menambahkan Link, menambahkan gambar, video, dan emoji dalam artikel. Serta menambahkan “read more” pada artikel.
  2. Label adalah kategori artikel. Anda bisa mengelompokkan artikel di blog Anda dengan kategori tertentu. Ini akan memudahkan Anda dan pengunjung dalam menemukan artikel yang dibutuhkan.
  3. Deskripsi Penelusuran : Tulis dengan deskripsi penelusuran blog Anda.
  4. Jika Anda sudah selesai membuat artikel, Anda bisa klik “Publikasi” jika ingin menerbitkan artikel Anda atau klik “simpan” untuk menyimpan dulu artikel Anda.
About Mutia Faridah 23 Articles
Hai Saya Mutia Faridah... Saya Ibu Rumah Tangga yang sedang belajar tentang bisnis, keuangan dan investasi. Untuk berkenalan dan menjalin kerjasama dengan saya, Anda bisa menghubungi email saya crafeltsamarinda@gmail.com.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan