memilih travel umrah
Gaya Hidup

Agar Rencana Ke Tanah Suci Berjalan Lancar, Perhatikan Tips Berikut Ini Saat Memilih Travel Umroh

18 Desember 2018

Beberapa tahun belakangan ini minat masyarakat muslim melakukan ibadah umrah ke tanah suci Makkah meningkat tajam. Salah satu penyebabnya adalah lamanya antrian keberangkatan calon jamaah haji di beberapa daerah di Indonesia. Fyi di samarinda saja calon jamaah haji harus menunggu sekitar 20 tahun dari saat daftar untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima tersebut.

Animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan ibadah umrah  juga membuka peluang munculnya banyak biro travel umrah. Bersamaan dengan itu tidak sedikit juga adanya kasus calon jamaah umrah yang gagal berangkat karena travel umrahnya bermasalah. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa tips memilih travel umrah berikut ini semoga bermanfaat untuk Anda 

 

Haji dan umrah bukan hanya tentang kemampuan finansial tapi juga karena panggilan Allah SWT.- mutiadiwan.com

Tips Memilih Travel Umrah Terpercaya

Kementrian agama (Kemenag) merupakan instansi resmi yang mengatur penyelenggaraan haji dan umrah di Indonesia. Maka sudah semestinya kita meminta rekomendasi Kemenag mengenai daftar travel umrah resmi Kemenag.

Permintaan rekomendasi bisa Anda lakukan dengan mendatangi langsung ke kantor Kemenag setempat. Anda juga bisa melakukan hal yang sama jika sebelumnya telah memiliki daftar biro travel umrah yang akan Anda gunakan.

Pengecekan secara online idealnya bisa tapi sejauh yang penulis perhatikan banyak komplain terkait akses informasi online tersebut. Jadi akan lebih efektif jika mencari informasi akurat dengan mendatangi kantor Kemenag secara langsung.

Pengalaman adalah guru yang berharga. Begitu juga pengalaman saat beribadah umrah. Mendengarkan cerita teman/kerabat yang pulang dari umrah seringkali mengharukan. Tidak ada salahnya sekalian bertanya pada mereka mengenai travel umrah yang digunakan. Informasi seperti bagaimana pelayanannya, apa saja fasilitasnya dan lain-lain akan sangat bermanfaat untuk pertimbangan dalam memilih travel umrah terpercaya.

Jangan lupa tetap mengecek ke Kemenag setelah mendapat informasi travel umrah yang direkomendasikan teman/kerabat Anda tersebut. Agar rencana ibadah ke tanah suci berjalan lancar bersama travel umrah yang amanah.

Sebenarnya dengan mengetahui rekomendasi dari Kemenag kita bisa memastikan legal tidaknya sebuah biro travel umrah. Tapi untuk berjaga-jaga Anda bisa searching di internetmengenai rekam jejak travel umrah terkait. Apakah pernah diberitakan melakukan tindak penipuan atau jenis kriminal lainnya ataukah tidak. Sedikit kesulitan saat menggali informasi akan lebih baik dari pada kita tertipu karena enggan mencari informasi yang akurat. 

Sudah mengantongi nama biro travel umrah yang direkomendasikan Kemenag? saatnya meninjau langsung alamat kantornya. 

Biro travel umrah resmi pastinya memiliki kantor operasional. Jika tidak, Anda patut waspada. Jangan lupa cek kesesuaian info dan alamat kantornya. Pastikan juga travel tersebut memiliki izin resmi dan lain-lain yang biasanya terpampang di kantornya.

Selama mencari informasi program umrah biro travel yang bersangkutan, jangan malu untuk bertanya secara detail. Misalnya hotel apa yang akan digunakan selama di tanah suci, berapa jauh hotel tersebut dari masjidil haram danlain-lain. Tindakan bertanya secara detail seperti ini juga akan meminimalisir terjadinya tindak penipuan.

Meskipun jawaban dari biro travel umrah tadi terlihat meyakinkan, ada baiknya kita tetap melakukan kroscek terkait informasi tersebut. Misalnya, apa benar ada hotel sesuai info yang diberikan dan lain-lain. Sekali lagi, kesulitan saat menggali informasi akan lebih baik dari pada mengalami kesusahan saat melakukan ibadah umrah nanti akibat travel yang tidak amanah.

Kesimpulan : Memilih travel umrah terpercaya memang susah-susah gampang. Harus hati-hati dalam memilih dan sabar menggali informasi. Karena bagaimanapun perjalanan tersebut adalah perjalanan ibadah di negeri orang. Jangan sampai kita mendapat masalah yang membuat ibadah kita tidak khusyu’ nantinya.

Jangan lupa share artikel ini jika merasa bermanfaat. Kalau mau kenalan dengan penulis klik link media sosial di bawah ini aja!

Only registered users can comment.

  1. Banyak banget umat muslim yg punya impian untuk ibadah ke tanah suci, tapi kabar belakangan banyak yg kurang menyenangkan ya karena travel bermasalah. Memang harus teliti banget dalam memilih travel agent utk umroh/haji

  2. waktu umroh kemarin, aku pake travel di bandung krna ustad pendampingnya temen kuliah. padahal aku tinggal di bogor lho 😀
    alhamdulillah umroh berjalan lancar dan travelnya recomended

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!