tips hidup sehat yang mudah dilakukan
Gaya Hidup

Lima Tips Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

3 Desember 2018

Kapan orang spontan mengucap alhamdulillah selain saat bersin? Yap! Saat mendapat rezeki materi. Entah itu berupa uang atau barang. Tapi kita sering lupa bersyukur saat diberi kesehatan. Kita baru ingat nikmat sehat saat sakit menghampiri kita.

Menjaga kesehatan memang sudah seharusnya dilakukan setiap saat. Ada yang minum vitamin tiap hari biar fit, ada yang olahraga agar tetap bugar dll. Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menjaga kesehatannya.

Beberapa cara berikut ini mungkin sekaligus menjadi tips bagi kita agar selalu sehat dan tidak mudah sakit

1. Mengenal tubuh sendiri 

Ada orang yang memiliki alergi udara dingin, maka ia menghindari faktor pemicu tersebut agar alerginya tidak kambuh. Ada orang yang memiliki riwayat penyakit maagh sehingga ia menghindari makanan asam supaya nggak kumat. Dan seterusnya. Intinya adalah kita mesti mengenali kekurangan/kelemahan tubuh sendiri. Dengan demikian kita bisa meminimalisir hal-hal yang menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh kita.

2. Melakukan hobi

Meluangkan waktu khusus minimal seminggu sekali untuk melakukan hobi adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga kesehatan. Apalgi jika hobi Anda termasuk dalam beberapa hobi yang terbukti menyehatkan. Diantaranya : berkebun, menari, menulis, bermusik dan memelihara hewan.
Bagaimana jika tidak termasuk dalam lima hobi di atas? Jangan khawatir, selagi itu positif dan tidak tidak melanggar aturan apapun. Lakukan saja.

tips hidup sehat yang mudah dilakukan
Merajut bisa menjadi salah satu hobi yang menyehatkan (Sumber gambar : Pixabay.com)

Rasa bahagia yang muncul saat melakukan hobi akan memberikan stimulus bagi kesehatan fisik dan mental kita. Menurut sebuah riset, tingkat depresi orang-orang yang menekuni hobi cenderung lebih rendah daripada orang-orang yang tidak memiliki hobi.

Baca artikel kesehatan lainnya di Blog ini : Tiga Kata “Cukup” Untuk Menjaga Kesehatan

3. Berbicara dengan teman

Siapa yang kalau ketemu teman langsung lupa waktu? Saya termasuk diantaranya. Bertemu dan ngobrol dengan teman memang menyenangkan. Menambah keakraban, fikiran jadi relax dan nggak gampang stress. Jadi nggak ada salahnya meluangkan waktu di tengah rutinitas kita minimal seminggu sekali bertemu dengan seseorang yang akrab dengan kita. Kalaupun nggak bisa bertemu langsung bisa ngobrol lewat telepon. Anggap saja semua itu sebagai relaksasi untuk kesehatan jiwa

4. Melakukan aktivitas fisik

Jangan meremehkan aktifitas rumah tangga seperti menyapu, mencuci piring dll. Semua itu memiliki manfaat kesehatan lho. Mengutip dari laman sahabat netsle, melakukan aktivitas fisik rutin setiap hari membuat hormon tubuh jadi seimbang, dan fungsi organ tubuh lancar. Jantung lebih kuat memompa darah, paru-paru lebih mengembang, otot lebih lentur, dan selain itu keseimbangan tubuh pun terjaga.
Intinya adalah kalau kita rutin mengerjakan pekerjaan rumah tangga selain rumah jadi bersih, tubuh pun sehat dan pengeluaran untuk gaji asisten pun berkurang. Ups!

Ngomongin Obat Tradisional yuk ! Obat Tradisional, Yay or Nay?

5. Berpikir positif

Masalah bisa muncul tiap saat dalam kehidupan kita. Semua pasti ada jalan keluarnya. Hanya saja setiap orang memiliki sikap yang berbeda dalam menghadapinya. Membiasakan untuk selalu berpikir positif akan membantu kita dalam mengatasi masalah yang datang.

Berpikir positif sendiri diartikan sebagai sebuah cara berpikir yang memandang dan meyakini setiap hal dari sisi baiknya. Mengutip dari laman alodokter.com berpikir positif memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Diantaranya :

  • Lebih resisten terhadap flu
  • Berkurangnya risiko penyakit kardiovaskular
  • Memperpanjang usia harapan hidup
  • Tingkat depresi yang lebih rendah
  • Kondisi fisik dan psikologis yang lebih baik.

Bagaimana Teman, punya tips lain agar hidup lebih sehat? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Mau kenalan lebih jauh follow twitter saya yuk https://twitter.com/mutiafaridah84

Monggo share komentar Anda disini, Teman!