Inspirasi

Tips Agar Istiqamah Membaca Al Qur’an 

25 Februari 2018

Percaya nggak sih kalau rutin membaca Al Qur’an dapat mengobati kesedihan? Setidaknya itulah petuah yang  pernah saya dengar dari seorang kyai ketika ada yang bertanya pada beliau obat untuk menghilangkan kesedihan hatinya. 

Tapi sebenarnya manfaat membaca Al Qur’an tidak hanya sebatas itu. Pahala yang dijanjikan Allah pada orang yang membaca Al Qur’an pun juga sangat besar. 

Hal ini dijelaskan Nabi Saw melalui hadis shahih berikut ini.

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi )

Jadi pahala yang dijanjikan Allah bagi hamba-Nya adalah pahala 1 kebaikan atas setiap 1 huruf ayat Al Qur’an yang dibacanya. Dan 1 kebaikan tersebut akan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Subhanallah

Akan tetapi,  kadang kita sibuk dengan rutinitas duniawi hingga lupa menyempatkan waktu membaca Al Qur’an meskipun hanya beberapa ayat. 

Tips rajin membaca Qur'anAkibatnya, kita pun menjadi terbiasa melewatkan hari tanpa membaca Al Qur’an. Dan lama-lama Al Qur’an menjadi sesuatu yang asing bagi kita. Naudzubillahi min dzalik

Bagi sebagian orang rutin membaca Al Qur’an terkadang membutuhkan motivasi dan support eksternal (diluar dirinya). Salah satu bentuknya adalah dengan menjadi anggota dalam komunitas tilawah. 

Tips Istiqamah Membaca Al Qur’an

Sudah pernah mendengar komunitas Odoj? Salah satu komunitas tilawah yang anggotanya tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. 

Odoj merupakan singkatan dari One Day One Juz (Satu Hari Satu Juz). Dalam komunitas ini setiap anggota diharuskan melapor setiap kali selesai membaca Al Qur’an pada admin grupnya masing-masing. 

Meskipun dinamakan Odoj tapi program yang bisa dipilih anggota bukan hanya khatam 1 juz per hari tapi ada juga setengah juz perhari maupun sesuai kemampuan masing-masing dalam membaca ayat Al Qur’an per-harinya (kurang dari setengah juz). 

Jika anggota tidak melapor dalam beberapa hari juga ada sangsi yang diberikan sesuai peraturan masing-masing program yang dipilih. 

Dengan cara ini Insyaallah kita akan selalu termotivasi untuk membaca Al Qur’an secara. Tidak masalah jika pada awalnya hanya untuk memenuhi laporan di Grup. Lama kelamaan Insyaallah Anda akan terbiasa dan merasa rindu jika melewatkan hari tanpa membaca Al Qur’an. 

Jika Anda berminat bergabung dengan komunitas tersebut. Anda bisa searching di media sosial mengenai komunitas Odoj di kota Anda dan menghubungi adminnya untuk mendaftar. 

Semoga bermanfaat 🙂

Monggo share komentar Anda disini, Teman!