Gaya Hidup

Tiga Manfaat ini Bisa Kamu Dapatkan dengan Travelling

2 Maret 2018

Bagaimana rasanya jika tiba-tiba ada yang mengajakmu travelling lengkap dengan tiket pesawat dan voucher hotel?. Senang atau kegirangan? Jika tidak ada halangan untuk melakukan travelling tentu kita gak bisa menolak ya? 

Yap! diantara rutinitas harian yang kita lakukan, dalam jangka waktu tertentu kadang kita merasa jenuh dan kelelahan. Maka bagi sebagian orang, travelling ke suatu tempat bisa menjadi penawarnya. Tapi ternyata selain menghilangkan kejenuhan dan stres, travelling juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting lho dari itu. 

1. Menambah wawasan baru 

Travelling dengan mengunjungi  tempat baru akan membuat kita mengenal budaya setempat. Termasuk di dalamnya adat istiadat, kepercayaan, norma masyarakat dan juga bahasa di daerah tersebut meskipun secara tidak langsung. 

Contoh kecil, jika kita mengunjungi Jakarta dan mampir ke pasar Tanah Abang. Kita akan mengetahui sapaan khas para penjual disana seperti “Belanja boleh?.”

Lain lagi kalau kita ke Malioboro, Yogyakarta. Saat kita melewati deretan pedagang di situ, mereka akan menyapa kita dengan kurang lebih begini, “Monggo batiknya, Bu. 

Selain menambah wawasan baru tentang budaya setempat, kita juga bisa mencicipi langsung kuliner setempat yang biasanya hanya kita baca di media online atau hanya melihat di TV. “Oh ternyata seblak Bandung itu rasanya enak.” Misalnya.

Wawasan baru yang kita peroleh akan membuat cara pandang kita lebih luas dalam menilai sesuatu. Di samping itu juga bisa  menjadi bahan cerita menarik saat kita pulang travelling nanti.  

2. Menghasilkan uang

Jika kamu suka travelling sekaligus hobi jualan, tentu tidak akan melewatkan kesempatan belanja produk khas daerah yang kamu kunjungi kemudian dijual lagi di kotamu saat pulang nanti. Travellingnya happy, dompet pun terisi. Betul tidak? 

3. Mengurangi risiko penyakit jantung
Benar. Menurut sebuah penelitian di Amerika terhadap 749 wanita yang berumur 45-64 menunjukkan, baik ibu rumah tangga maupun wanita pekerja yang mengambil liburan, memiliki peningkatan signifikan dalam penurunan serangan jantung. 

Manfaat travelling

Hal itu disebabkan karena berkurangnya tingkat stres saat maupun setelah travelling, pikiran pun menjadi fresh dan bonusnya kondisi tubuh pun lebih sehat. 
Kesimpulan: Melihat beberapa manfaat travelling di atas, ada baiknya kegiatan tersebut kita buat perencanaan yang matang secara periodik. Baik dari segi anggaran maupun waktunya. 

Misalnya kita berencana travelling ke luar negeri satu tahun sekali. Maka tidak ada salahnya kita menyisihkan pendapatan kita setiap bulan untuk mewujudkan hal tersebut.

Punya ide lain mengenai manfaat travelling, silahkan tulis di kolom komentar yaa… 

Semoga bermanfaat ??

Only registered users can comment.

Monggo share komentar Anda disini, Teman!