target blogging 2019
Blogging

Dua Target Blogging 2019 dan Empat Langkah Mewujudkannya

13 Januari 2019

Seperti tahun-tahun sebelumnya sejujurnya saya nggak ingin membuat target dalam hal apapun. Termasuk blogging. Kuatir nggak bisa konsisten dan kesannya cuman ngikuti euforia blogger lain. Karena selama ini rencana dan target yang saya buat selalu meleset. Tapi kalau direnungkan kembali, pemikiran seperti itu termasuk pola pikir negatif yang harus dibuang jauh-jauh. Apalagi bagi seorang blogger.

Target Blogging 2019 

Membuat target pencapaian dalam dunia blogging penting dilakukan jika Kita ingin mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari yang Kita dapatkan sekarang. Apalagi mengingat blog ini yang sudah berusia dua tahun tapi seperti jalan di tempat. Maju nggak dan mundur juga nggak. Memang sih tahun 2018 kemarin saya sempat vakum karena saya sibuk menjajal peruntungan di dunia media sosial dengan menjadi admin medsos. 

Oke baiklah awal tahun 2019 ini saya menguatkan tekad untuk membuat dua target blogging saja berikut empat langkah yang akan saya lakukan untuk mencapai target tersebut. 

1. Meningkatkan Pengunjung Organik

Diakui atau tidak, Kita menulis sebuah artikel di blog agar dibaca banyak orang dan memberi manfaat pada pembacanya. Tapi terkadang jangankan bermanfaat, artikel yang sudah susah-susah Kita buat nggak ada yang baca satupun keculi diri kita sendiri. Hahaha. Yah syukur-syukur setelah share di media sosial ada pengunjung yang mampir ke blog Kita. Tapi kan nggak bisa diharapkan juga. Hehehe.

Pengunjung yang berkualitas dan konsisten biasanya datang dari search engine. Istilahnya pengunjung organik. Cuman ya gitu untuk mendapatkan pengunjung organik tidaklah mudah. Bulan desember kemarin aja pengunjung organik di mutiadiwan.com ini cuman sekitar lima ratusan lebih pengunjung. Padahal menurut Panduanim, salah satu dari situs favorit saya, idealnya jumlah trafik blog yang akan dimonetise tuh sekitar 15000 pengunjung/bulan. Hiks ya Allah seperempat dari idealnya aja belum nyampe . Bahkan jika ditambah dengan pengunjung dari share link di media sosial masih jauh dari kata ideal.

Baca : Lima Blogger Terfavorit Versi Mutiadiwan

Dan ya harapan saya  di trimester pertama tahun 2019 ini saya bisa mendapatkan target kunjungan organik minimal 1500 pengunjung organik perbulannya. Masih jauh dari ideal sih tapi saya mencoba realistis saja. Dan lagi itu jumlah trafik organik tiga  kali lipat dari yang saya dapatkan sekarang. Semoga terkabul ya. Aamiin.

2. Menang Lomba Blog

Setelah vakum ngeblog selama tahun 2018 kemarin, saya mulai menulis lagi di akhir desember kemarin dan mengikuti beberapa lomba blog. Hingga saya menerbitkan artikel ini dua dari tiga lomba blog yang saya ikuti sudah mengumumkan pemenangnya. Dan artikel saya kalah. Hahaha. Ibarat orang bangun dari tidur setahun terus ikut lomba lari. Ya terseok-seok.  Masih untung nggak pingsan. Hehehe. Tapi nggak papa lah ya anggap aja pemanasan di awal tahun.

target blogging 2019

Dan bismillah target blogging 2019 berikutnya adalah menang lomba blog. Minimal tiga kali lah, syukur kalau lebih. Namanya target memang harus muluk-muluk ya kan?. Hehe

Sebenarnya saya ingin memasukkan harapan bahwa blog ini bisa dimonetise. Tapi konon kata mastah penulis Panduanim, ketika Kita ingin mengembangkan sebuah blog maka jangan dulu berpikir untuk menghasilkan uang dari blog tersebut. Karena hasilnya akan kurang maksimal. Yah syukur alhamdulillah kalau dalam masa tersebut ada yang nawarin conten placement, job review dan lain-lain. Meskipun DA/PA baru 23/31. Hehe.

Bingung memilih topik blog? Siapa tahu Tiga Topik Blog Ini Bisa Anda Tiru

Langkah Mewujudkan Target Blogging 2019

Untuk target blogging 2019 sementara dua poin itu aja dulu. Karena meskipun hanya dua target saja, langkah untuk mencapai target tersebut cukup banyak.

Pertama, untuk meningkatkan pengunjung organik beberapa langkah dibawah ini insyaallah akan saya lakukan. 

1. Konsisten Menulis Minimal Seminggu tiga kali

Membuat artikel secara konsisten memang efektif meningkatkan peluang menambah trafik ke blog. Logikanya semakin banyak artikel maka pengunjung juga meningkat karena pilihan artikel yang dibaca oleh pengunjung juga banyak.

Maka dari itu saya akan berusaha konsisten menulis minimal 3 kali seminggu. Dan mencoba membuat konten berkualitas. Yakni konten yang benar-benar dicari di search engine dan memang bermanfaat untuk pembaca. Jadi nggak cuman ngejar jumlah artikel yang publish aja.

Mengenai topik artikel, saya mungkin akan fokus menggarap topik bisnis. Karena trafik terbesar di blog ini datang dari pengunjung artikel topik tsb. Misalnya dalam tiga artikel, dua artikel bisnis dan satunya artikel lifestyle atau blog. Insyaallah.

Monggo diwaos (Dibaca) : Ini Cerita Saya Dibalik Nama Bog Mutiadiwan Ini.

2. Lebih sabar dalam membuat konten yg seo friendly

Agar artikel ditemukan pembaca maka kita harus membuat konten yang ramah dengan mesin pencari atau yang lebih umum dikenal dg artikel seo friendly. Untuk itu sebenarnya saya cukup terbantu dengan adanya plugin yoast seo yang saya install di blog ini. Cuman selama ini saya memang kurang sabar dalam mengikuti “warning” dari plugin tersebut. Beberapa peringatan seperti kurangnya subheading, keyword tidak fokus dan lain-lain kadang saya abaikan karena buru-buru ingin publish artikel. Hehe.

Untuk memperbaiki hal tsb kedepannya saya akan berusaha lebih nurut dalam mengikuti panduan plugin tsb. Agar bisa membuat konten yg berkualitas dan tidak mengejar target jumlah artikel yg publish saja per-minggunya. Insyaallah.

Kedua, tentang target menang lomba blog. Saya akan berusaha melakukan beberapa usaha di bawah ini.

1. Belajar dari Artikel Pemenang

Mencari kekurangan artikel sendiri dengan mempelajari artikel pemenang menurut saya cara yang efektif untuk menjadi lebih baik kedepannya. Beberapa tips menang lomba blog juga akan saya coba praktekkan nantinya. Memang sih lebih dari sekedar menjadi pemenang, proses dalam belajar membuat artikel yang bagus untuk lomba bisa jadi pengalaman yang berharga. Apalagi jika kualitas artikelnya semakin meningkat. Dan menjadi pemenang sebenarnya bonus atas kerja keras itu.

2. Belajar Membuat Infografis

Menyajikan data dengan infografis sepertinya membuat nilai tambah bagi sebuah artikel. Tidak terkecuali artikel yang diikutkan lomba. Data infografis memang memberikan pengalaman menarik bagi pembaca dari pada sekedar gambar atau rangkaian kata-kata.

Ingin sukses sebagai Penulis, Coba Intip Cara Mengoptimalkan Bisnis Menulis Dari Rumah ala Teh Indari Mastuti

TARGET BLOGGING 2019

Belajar membuat infografis merupakan tahapan yang sulit bagi saya. Tapi bukan berarti tidak mungkin terwujud. Selama ini saya mencoba membuat infografis dengan canva tapi hasilnya belum maksimal. Maklumlah saya nyoba fitur canva yang versi gratisan. Jadi beberapa ikon untuk membuat ilustrasi nggak bisa dipakai. Eh apa saya yang kurang menguasai menggunakan fitur di canva? Yang jelas kedepannya saya akan mencoba beberapa tools untuk membuat infografis. 

Ada yang punya saran untuk mencapai target blogging yang saya tulis di atas? Please…please…Tolong beri saya saran dan kritik untuk blog ini agar saya bisa memperbaiki kualitas artikel dan lain-lainnya dalam blog ini. Terima kasih sebelumnya. 

Only registered users can comment.

  1. waduh kok blog saya ndak ada target ya 😛 , sepertinya malah stagnan nggak bisa naik lagi. Kayaknya target naikin pengikut instagram aja deh, lebih mudah dan realistis, hehe

  2. Aku juga sekarang sedang berusaha unutk konsisten menulis mbak, susah sih untuk ukuran pemula kayak aku. Tapi bakal berusaha deh, semoga resolusi 2019 terkabul ya mbak. Aminn

  3. Mbak, umur blog baru 2 tahun tapi DA udah 23 itu udah bagus banget looh! Hihi. Wah aku lemahnya di suka gapteknya nih belum pake plug in apa apa buat naekin page views makanya susah banget naeknya makanya harus banyak belajar lagi. Hehe semangat mba! Aku juga tahun 2019 ini ga muluk muluk seminggu minimal 2 postingan lah hehe.

  4. Slamat kembali ke dunia blogging mbak setelah setahun vakum.
    semoga semangat ngeblognya makin-makin. 2019 pun aku punya target ngeblog mbak dan hampir sama dengan target mbak. Ayo semangat selalu buat kita mbak. Semangat nulis juga. salam, muthihauradotcom.

  5. Kece ih 2 tahun DA nya 23. Keren!

    Aku juga ada target mantain pageviews dan konsisten nulis.

    Semoga ga melempem sampai akhir tahun, suka galfok akutu >,

  6. Wis.. keren euy targetnya. Tiga kali menang lomba, Kalau target saya sih hanya jumlah artikel saja . Maklum lah masih newbie jadi saya buat target dengan unsur-unsur yang bisa dikontrol saja.

    Soal SEO, hem saya justru sudah mematikan Plug In Yoast. Fungsinya sekarang di beberapa blog saya hanya sebatas pembuat sitemap saja. Fitur-fitur lainnya saya matikan. Saya merasa tidak nyaman dalam menulis kalau plugin itu aktif.

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!