taman samarendah dan xl axiata
Reportase Event

Wow! Taman Samarendah Makin Cantik Berkat Peran Aktif XL Axiata dan Pemkot Samarinda

24 Januari 2019

Sejak tahun 2018 kemarin kota samarinda mulai mempercantik diri. Mulai dari pembuatan lampu warna-warni di Jembatan mahkota, pembangunan tugu Parasamya Purna Nugraha di perempatan mall lembuswana, menambah air mancur menari di pertigaan jalan kusuma bangsa-jalan pahlawan. Dan tadi malam meresmikan menara lampu dan air mancur di taman samarendah.

Dalam soft launching yang dihadiri oleh walikota samarinda, H. Syahrie Jaang beserta jajaran instansi terkait dan beberapa petinggi PT XL Axiata Tbk tersebut berlangsung cukup meriah. Nggak hanya itu, saya dan teman-teman blogger samarinda juga media setempat ikut serta menyaksikan kemeriahan acara yang dimulai sekitar pukul 20.00 Wita (23/01) tadi malam.

Acara dibuka dengan tarian tradisional khas kaltim dan dilanjutkan pembacaan doa. Kemudian disusul dengan sambutan Group Head Region Jabodetabek Bapak Bambang Parikesit.

taman samarendah dan xl axiata
Tarian tradisional khas Kaltim mengawali acara soft launching Menara Lampu Hias dan Air Mancur tadi malam ( Dokumen : mutiadiwan)

Setelah makan malam bersama kemudian dilanjutkan dengan sambutan walikota samarinda, H. Syahrie Jaang sekaligus acara puncak yang ditandai dengan menekan tombol sirene.

Ketika sirene dibunyikan, menara lampu hias langsung menyala penuh warna-warni. Enam patung kuda yang ada dibawahnya juga terlihat indah karena terkena sorotan lampu dengan warna silih berganti. Bersamaan itu air mancur pun menari diiringi hujan kembang api tepat di atas menara lampu hias. Benar-benar pemandangan yang indah di taman samarendah pada malam itu. Seperti yang tergambar dalam foto dibawah ini. Untuk melihat videonya Anda bisa melihat di postingan facebook saya disini.

taman samarendah dan xl axiata
taman samarendah dan xl axiata
taman samarendah dan xl axiata

Peran Serta XL Axiata dalam menata ulang taman samarendah bersama Pemkot Samarinda

Pembangunan menara lampu dan air mancur di taman samarendah didukung penuh oleh XL Axiata sebagai salah satu provider layanan digital yang telah melayani pelanggan sekitar 120 ribu di samarinda sejak tahun 2003.

Pembangunan menara lampu hias setinggi 50 meter dan air mancur sendiri mulai dikerjakan satu tahun lalu. Tepat dibawah lampu hias terdapat beberapa patung kuda dan juga air mancur dengan 82 titik pancaran. Secara filosofi menara lampu hias yang menggunakan lampu LED mencerminkan kota metropolis yang dinamis terus mengikuti kemajuan teknologi di era digital, sedangkan patung kuda melambangkan semangat kerja yang terus membara, tidak pernah putus asa dan ingin terus maju.

taman samarendah dan xl axiata
Walikota Samarinda H. Syahrie Jaang saat memberikan sambutan tadi malam (Dokumen : mutiadiwan.com)

Dalam sambutannya, Group Head XL Axiata Jabotabek Region bapak Bambang Parikesit  menyampaikan rasa bangganya karena mendapat kesempatan menjadi bagian dalam penataan ulang taman samarendah. Sebagai bagian dari warga samarinda, pihaknya ikut serta dalam proses pembangunan di samarinda melalui bidang industri sesuai kompetensi yakni penyedian sarana telekomunikasi di kota tepian ini.

Baca :

Raup Untung Berlipat Saat Pameran di Mall den Tips Beikut Ini

Intip 10 Desain Gorsden Kekinian Untuk Mengubah Suasana Rumahmu

Menurut walikota samarinda, H. Syahrie Jaang dalam sambutannya tadi malam, desain menara lampu hias tersebut merupakan ide beliau yang ingin membuat lampu yang menjulang tinggi seperti di Dubai. tapi tidak ingin sama persis. Maka disepakati desain lampu yang meliuk bak ikan dengan posisi kepala di bawah tersebut. Mengenai pembuatan patung kudanya sendiri, pemkot mendatangkan langsung seniman patung dari Pulau Bali bernama Pak Putut. Tidak heran patung kuda berjumlah enam ekor itu mema 
ng kelihatan gagah dan perkasa persis yang digambarkan dalam filosofinya.

Masyarakat Samarinda Diharapkan Ikut Serta Menjaga Keindahan Taman Samarendah

Acara soft launching tadi malam merupakan pengenalan menara lampu hias dan air mancur pada masyarakat samarinda. Enam patung kuda di taman tersebut masih belum difinishing. Kedepannya, pihak XL Axiata akan menambah fasilitas lainnya di taman seperti penanaman bunga taman, pohon-pohon, kursi taman, lampu taman dan icon taman lainnya.

Kebayang kan bagaimana cantiknya taman samarendah nanti sebagai salah satu tempat rekreasi keluarga di samarinda. Bagi yang suka foto dan mengunggahnya di media sosial, diharapkan ada spot-spot foto yang instagramable sehingga memancing lebih banyak  pengunjung ke taman samarendah.

taman samarendah dan xl axiata
Sebagian undangan yang hadir menyaksikan acara tadi malam

Oh ya sesuai himbauan walikota, masyarakat samarinda diharapkan ikut serta menjaga kebersihan dan keindahan taman samarendah dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak fasilitas yang ada.

Dengan ikut serta menjaga kebersihan dan keindahan ikon-ikon samarinda termasuk taman samarendah, peluang mendatangkan wisatawan luar ke samarinda pun akan semakin tinggi. Samarinda akan dikenal bukan hanya keramahan penduduknya tapi juga keindahan kotanya. Jika demikian, makin bangga kan menjadi bagian dari warga kota samarinda?

Sukses untuk XL Axiata Sukses untuk Samarinda, Sukses juga buat Kamu yang membaca tulisan ini 😉

Only registered users can comment.

  1. yang namanya lampu hias dan air mancur pasti sangat menarik untuk dilihat ya…. yang anak-anak senang ngeliatnya jadi seperti mainan, sedangkan orang dewasa suka liatnya karena bisa bikin relaksasi….. iya ga….? 🙂 selamat buat Kota Samarinda untuk ikon barunya…..

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!