review jagoan hosting
Blogging

NgeBlog #MakinMudah Dengan Hosting Murah

24 Desember 2018

Hidup dengan nol persen stress itu mustahil. Tapi meminimalisir tingkat stress itu memungkinkan. Dan memiliki hobi positif merupakan salah satu cara #makinmudah mewujudkan hal tersebut. Yap ngeblog bagi saya merupakan hobi sekaligus cara untuk me time. Blog menjadi ruang untuk mengekspresikan melalui tulisan. Untuk itu memilih CMS (Content Management System) yang mempermudah kegiatan tersebut sangat penting. Dan pilihan CMS itu jatuh pada wordpress.

Sebelum membahas lebih jauh mengapa saya memilih wordpress, perlu diketahui bahwa saya bukan anti CMS lain. Hingga saat ini saya masih menerima job membuat toko online dengan CMS blogspot. Saya juga pernah memiliki beberapa blog usaha berbasis CMS milik raksasa google tersebut. Selain itu, saya juga pernah membuat kelas blog online dengan materi dasar blogging menggunakan cms blogspot.

Jadi Mengapa wordpress menjadi pilihan untuk media ngeblog?

1. #Makinmudah Pengaturan Seo (Search Engine optimazion)-nya

Menulis artikel itu mudah. Tapi menulis artikel yang seo friendly itu susahnya minta maaf. Mempelajari seo dan menerapkannya di artikel secara manual pun kadang kurang greget hasilnya. Tapi dengan menggunakan wordpress, masalah setting seo agak terbantu dengan adanya plugin seo.

Sebagai contoh saat ini saya menggunakan plugin yoast seo. Plugin tersebut ibarat  guru yang mengoreksi artikel kita sebelum diterbitkan. Penilaiannya menggunakan notifikasi mirip rambu lalu lintas. Warna merah berarti buruk mutlak harus dirubah, orange berarti disarankan untuk mengubahnya, dan hijau berarti bagus.

review jagoan hosting Ini hasil readbility analisys dari plugin yoast seo untuk artikel yang sedang Anda baca ini.

Kategori penilaian seo on page-nya meliputi readibility analysis, focus keyphrase, dan connerstone content. Readibility analysis meliputi panjang kalimat, panjang paragraf, dan subheading. Sedangkan fokus keyphrase meliputi panjang kata kunci, meta deskripsi, alt atribut gambar, variasi kata kunci, outbond link, internal link dan panjang artikel.

Meski sebagian mastah blogger mengatakan hasil analisis plugin ini hanya berpengaruh beberapa persen di search engine, tapi bagi emak yang kadang sulit memahami teknik seo seperti saya, plugin tersebut cukup membantu. 

2. Membuat website dengan tampilan apapun #makinmudah

Ada ribuan template keren yang disediakan wordpress. Dan itu gratis. Mau pakai template diluar direktori wordpress juga bisa. Settingan tampilannya pun mudah. Nggak harus pinter koding, Teman!

Mau fitur tambahan agar blog makin oke, baik dari segi tampilan maupun seo-nya? Ada ratusan plugin yang siap mewujudkan hal itu. Dan lagi-lagi pengaturannya pun cukup mudah. Jadi kalau pingin ngotak-ngatik blog tapi nggak ngerti kode html yang njlimet kayak saya, insyaallah aman dan #makinmudah deh dengan wordpress.

3. Biaya Menyewa Hosting Terjangkau

Sebagian orang mungkin menganggap ngeblog dengan wordpress itu mahal. Kalau dibandingkan dengan blogspot memang biayanya lebih tinggi. Tapi membuat komparasi pada kedua cms tersebut dari segi biaya saja rasanya kurang proporsional. Karena setiap cms memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga : Biaya Membuat Blog dengan Blogspot dan WordPress

Dari pada membuat perbandingan seperti diatas, lebih baik membuat penghitungan sendiri. Misalnya biaya harian yang harus dikeluarkan untuk membuat blog wordpress. Sebagai contoh, jika biaya paket hosting sekitar 22 ribu rupiah per bulan dengan kapasitas 1 GB. Artinya dalam satu hari biaya yang harus dikeluarkan nggak sampai 1000 rupiah. Cukup ringan bukan kalau analoginya seperti itu.

Ya itu kalau perhari, kalau pertahun jatuhnya mahal juga Mut? hehehe

Sebagai blogger yang belum bisa mengandalkan penghasilan dari blog, saya pernah menyiasati biaya hosting ini dengan cara menabung dua ribu rupiah perhari. Dan itu lebih dari cukup untuk membayar biaya perpanjangan hosting untuk tahun berikutnya.

Segitunya pingin pakai wordpress, Mut?

Kembali ke awal tulisan ini. Ngeblog bagi saya adalah ruang untuk me time. Ini adalah hadiah untuk diri saya sendiri. Terlepas dari blog ini sudah menghasilkan atau belum, kemudahan yang ditawarkan wordpress menurut saya sebanding dengan harga yang harus dibayar.

Tertarik menggunakan wordpress? Inilah penyedia hosting yang setahun terakhir  saya gunakan untuk blog mutiadiwan ini

Review ini ditulis oleh seorang emak yang lebih sering megang wajan dari pada ngecek kecepatan website. Bagi saya, selagi blog ini baik-baik aja itu artinya hostingnya bagus. Gitu aja. hehehe

Yap! setahun belakangan saya menggunakan layanan hosting di Jagoan Hosting. Sebelum itu saya sudah beberapa kali membeli domain di tempat yang sama. 

Pertama kali Saya menggunakan wordpress awal tahun 2016 dengan layanan hosting lain. Tahun berikutnya saya migrasi ke jagoan hosting. Bulan desember 2018  ini saya baru memiliki perpanjangan. Jadi ini adalah tahun kedua saya menggunakan layanan hosting di sini.

Mengapa memilih jagoan hosting?

Pada penyedia hosting sebelumnya saya mengambil paket layanan cloud hosting dengan kapasitas 1 Gb. Kapasitas sebesar itu kadang kurang leluasa dalam menambahkan plugin atau gambar. Tapi sayangnya untuk upgrade paket di penyedia hosting tersebut lumayan mahal. Bilang saja nggak punya uang hehehe.

Akhirnya setelah survey sana-sini saya melihat paket hosting yang ditawarkan jagoan hosting cukup menarik. Waktu itu saya tertarik dengan paket hosting superstar. Pada situs resmi jagoan hosting disebutkan detail paket tersebut yakni biayanya 25 ribu perbulan, free domain dan kapasitasnya unlimited. Yess unlimited gaes!

Witing trisno jalaran soko kulino. Karena sering mantengin jagoanhosting.com jadinya kepincut pake layanan hostingnya. Eaaa…..

Untuk cloud hosting, ada tiga paket yang ditawarkan jagoan hosting. Yakni Paket Fame, Paket Hits  dan Paket Superstar. Lebih detail tentang detail paket bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Jika Anda tertarik dengan paket yang ditawarkan diatas, tunggu jangan happy dulu. Ini mungkin kurang menyenangkan, tapi faktanya harga paket yang ditawarkan tersebut adalah untuk masa sewa hosting selama 3 (tiga) tahun. 

Loh kok Kamu tetep ngambil paket hosting disitu, Mut?

Tentu bukan karena saya terlanjur jatuh cinta jika saya tetap mengambil paket hosting di Jagoan Hosting. Tapi karena setelah saya survey dengan beberapa penyedia hosting lain harga paket yang ditawarkan  Jagoan Hosting tetap lebih murah kok.  Silahkan cek gambar di bawah ini.

Perbandingan paket hosting dengan disk space 500 Mb di Jagoan Hosting dengan penyedia hosting lainnya.

Perbandingan harga di atas dengan asumsi kapasitas disk space yang ditawarkan sama yakni 500 Mb. Sedang fitur lainnya biasanya hampir sama. Untuk Paket Fame dia atas adalah untuk masa sewa 3 (tiga) tahun. Sedangkan biaya sewa hosting untuk masa sewa 1 (satu) tahun menjadi Rp 12.000 perbulan. Masih lebih murah kan dibanding lainnya?

Untuk mengetahui harga sewa hosting per-tahunnya, Anda bisa menanyakan pada Customer service via live chat atau pada produk yang dipilih klik “Beli Sekarang” terlebih dahulu, nanti akan ada informasi detail mengenai hal tersebut.

Mau beli domain untuk blogspot Anda? Baca Cara Membeli Domain dan Memasangnya di Blog.

Barangkali saya termasuk customer yang manja. Dikit-dikit live chat dengan CS nanya ini-itu hehe. Tapi CS Jagoan Hosting ini memang fast respon dan sabar sih. Jadi nggak kuatir kecewa kalau nanya apa saja.

Order hosting kemarin juga #makinmudah karena dibantu CS untuk membantu order domain. Kalau order via CS hanya beberapa data saja yang diminta . Sedangkan kalau mengisi form order sendiri kayaknya banyak data yang harus diisi. Mungkin perasaan saya aja kali. 

Biasanya kalo mau beli produk online terus CS-nya offline atau lama ngeresponnya langsung pindah situs lain. Menurut saya, kalau CS-nya aja lambat gimana dengan pelayanan lainnya. 

CS Jagoan Hosting ini biasanya melayani pertanyaan seputar produk atau pemesanan produk. Jika customer menyakan masalah teknik akan disambungkan dengan CS Teknisi atau customer diminta membuat tiket pengaduan.

Jagoan Hosting merupakan salah satu penyedia hosting yang sering mengadakan promo. Terutama saat memperingati hari besar tertentu. Produk yang paling sering dipromosikan adalah domain. Saya termasuk orang yang paling sering memanfaatkan promo tersebut. Hingga saat ini kurang lebih lima kali saya membeli promo domain .com untuk beberapa toko online yang saya buat. Bahkan saya pernah pernah mendapatkan domain .com seharga 23 ribu saja.

Selain promo domain, Jagoan Hosting juga sering mengadakan promo hosting murah. Seperti saat artikel ini saya tulis, Jagoan Hosting sedang mengadakan promo paket cloud hosting Fame 500 Mb hanya 99 ribu rupiah pertahun. Untuk mengecek promo menarik lainnya silahkan klik tombol dibawah ini aja.

Bagaimana Performa Blog Dalam Setahun?

Sejujurnya saya kurang mengerti cara mengetahui performa  sebuah hosting. Apakah servernya pernah mengalami  down atau tidak. Tapi seperti yang saya sebutkan diatas, selama ini saya tidak pernah mengalami kesulitan saat mengakses blog saya. Jadi menurut saya server hostingnya bagus-bagus saja. Atau saat server down saya sedang tidak mengakses blog hehehe.

Mengenai support ticket atau layanan pengaduan, dalam setahun ini saya baru menggunakan lima kali. Itupun dua kali  ke sales marketing untuk konfirmasi pembayaran dan mengubah siklus pembayaran. Satu kali tiket permintaan bantuan untuk migrasi hosting. Satu kali lagi untuk setting ssl certificate yang ternyata sebenarnya sudah terpasang. LOL.

Jumlah tiket support yang dibuat oleh customer merupakan indikasi sedikit banyaknya masalah/keluhan/kendala yang dihadapi customer. Semakin sedikit ticket support berarti layanan tersebut semakin baik.

Screenshoot support ticket per 20/12/2017 hingga 18/12/2018

Sejak menggunakan layanan hosting di Jagoan Hosting saya tidak pernah khawatir lagi saat menambah plugin atau membuat konten dengan banyak gambar. Ini sesuai dengan detail produk paket superstar pada saat awal pembelian. Yakni customer memperoleh UNLIMITED Storage. Jadi saya bisa lebih fokus membuat konten yang berkualitas tanpa khawatir hal itu lagi.

Kekurangan Jagoan Hosting

Salah satu kekurangan Jagoan Hosting menurut saya adalah jam kerja Customer Service online-nya yang hanya melayani customer antara pukul 08.00-16.00 wib. Di luar jam tersebut akan dibalas keesokan harinya. Pengaduan mengenai hal teknis pun seringkali harus melalui open ticket. Bagi blogger awam seperti saya kadang mudah panik kalau ada masalah terkait blog. Jadi harus lebih sabar menunggu balasan dibanding saat live chat.

Tapi terkait pengaduan harus via open ticket memang bisa dimengerti. Permasalahan teknis dalam sebuah website kadang membutuhkan penanganan berlanjut dan terekam dengan baik untuk mengantisipasi jika terjadi masalah berikutnya.

Kesimpulan

Hosting merupakan komponen penting dalam membangun sebuah website. Dan Jagoan Hosting telah membuktikan pelayanannya sebagai penyedia hosting berkualitas dan juga murah. 

Semoga review apa adanya di atas bermanfaat. Jangan sampai review ini malah semakin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Jika ingin berkenalan dengan Penulis, silahkan klik link media sosial berikut ini.

Only registered users can comment.

  1. Hai Mbak Mutia, ulasan tentang Jagoan Hostingnya lengkap euy. Saya pun tahun ini pindahan ke sini untuk blog saya yang satu lagi. Murah dan kapasitasnya unlimited itu yang bikin asyik

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!