resolusi bisnis 2019
Bisnis

Wujudkan #ResolusiBisnis2019 Bersama Ralali.com

5 Januari 2019

Di awal tahun 2019 ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat resolusi bisnis. Menurut sebuah penelitian, dengan menyusun resolusi tahun baru, Kita dapat meraih tujuan 10 kali lipat lebih besar dibandingkan tidak menyusun resolusi sama sekali. Tentu dengan catatan kita kita harus konsisten merealisasikan resolusi tersebut ya.

Sembilan Tahun Menjalani Bisnis Furniture

Sebelum menyusun resolusi baru sudah semestinya Kita flashback mengenai pencapaian Kita pada tahun-tahun sebelumnya. Karena Kita mau ngomongin resolusi bisnis, maka saya ingin bercerita tentang bisnis furniture yang saya jalankan selama sembilan tahun ini.

Sudah menyiapkan cemilan dan minuman segar sebelum membaca cerita saya? hehehe biar lebih asyik bacanya

Saya mulai bisnis furniture sekitar tahun 2010. Bisnis tersebut merupakan bisnis kedua yang kami miliki setelah  usaha cucian mobil. Tapi setelah tujuh tahun berjalan bisnis cucian mobil kami tutup sekitar tahun 2012. Sedangkan usaha furniture yag kami jalankan masih berlangsung hingga sekarang.

Ini pendapat saya tentang Mebel Jati Jepara dan Mebel Pasuruan

Fokus bisnis furniture kami adalah penjualan retail untuk produk mebel berbahan kayu jati. Awalnya kami mendatangkan produk mebel jati siap jual dari supplier kami di Surabaya. Produk mentahnya sendiri tetap dari Jepara Jawa Tengah. Sedangkan di Surabaya hanya proses finishing saja. 

Mengapa tidak mengambil produk langsung dari Jepara?

Saat itu memang tidak memungkinkan bagi Kami untuk mengambil langsung barang dari Jepara. Pertama karena Kami belum memiliki koneksi di sana. Kedua, lamanya waktu produksi yang tidak memungkinkan kami mengontrol secara langsung saat proses pengerjaan.

resolusi bisnis 2019
Finishing coklat gelap menjadi ciri khas produk kami
resolusi bisnis 2019
Meja makan marmer menjadi produk andalan kami saat itu

Dari segi kualitas kayu dan bahan finishing yang digunakan, saat itu furniture yang kami jual tergolong premium. Apalagi model desainnya yang nggak pasaran seperti produk mebel jepara pada umumnya. Desain furniture kami cenderung minimalis dengan warna finishing agak gelap.

Baca Tips Mendapat penghasilan dengan jadi admin media sosial

Menjual produk dengan segment terbatas agak susah jika hanya mengandalkan display barang di toko. Maka kami sempat menyiasati pemasaran produk Kami dengan beberapa kali menyelenggarakan pameran di Mall. terutama saat bulan Ramadhan. Saat itu Kami memilih Mall Samarinda Central Plaza (SCP) karena biaya sewanya lebih rendah dari pada Mall besar lainnya di Samarinda. Alhamdulillah respon masyarakat sangat bagus. Penjualan pun  meningkat tajam. Sayangnya biaya sewa stand di Mall besar terus meningkat dan jika dikalkulasi tidak sebanding dengan keuntungan yang Kami dapatkan.

resolusi bisnis 2019
Pameran di Mall SCP samarinda
resolusi bisnis 2019
Pameran saat Ramadhan di Mall SCP Samarinda

Tahun 2014 toko kami tutup beberapa bulan karena saya baru melahirkan. Suami juga sibuk mengurus usaha lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Banyaknya perusahaan batu bara yang tutup saat itu membuat daya beli masyarakat  terutama di Samarinda juga ikut turun. Kami pun memutuskan membuka toko kembali dengan produk furniture yang berbeda, baik dari segi model maupun harganya. Produk yang kami jual tidak lagi mendatangkan barang dari Jawa Tapi Kami bekerjasama dengan salah satu supplier mebel di Samarinda. Supplier tersebut kebetulan  teman baik Alm. Bapak mertua saya. Jadi proses pengajuannya Alhamdulillah juga lebih mudah.

Menjual jenis produk furniture yang kedua ini sejujurnya saya nggak begitu ngoyo. Saya hanya mengandalkan pembeli datang ke toko. Saya juga tidak memperkerjakan karyawan karena masalah pengiriman barang menjadi tanggung jawab supplier. Untuk urusan membersihkan toko dan barang dagangan serta melayani pembeli saya masih bisa menanganinya sendiri. 

Jangan lewatkan ulasan mengenai Modal Bisnis Kuliner Aneka Lalapan.

resolusi bisnis 2019
Warna finishing lebih terang dibanding produk yang dulu
resolusi bisnis 2019
Desain mebel lebih umum untuk produk yang sekarang

Mengenai pemasaran, sejak tahun 2017 saya telah membuat blog sederhana mengenai toko furniture saya. Dan Alhamdulillah beberapa pengunjung yang datang ke toko berawal dari info di blog tersebut. Blog super sederhana tersebut bisa Anda akses disini. Tapi tentu saja itu hasilnya kurang maksimal. Apalagi selama ini pembeli yang datang langsung hanya berasal dari Samarinda saja. Padahal saya yakin pangsa pasar furniture jati di daerah Kalimantan Timur lainnya juga cukup potensial. Karena itu salah satu resolusi bisnis furniture saya di tahun 2019 ini adalah memperluas pasar furniture jati khususnya di area Kalimantan Timur melalui pemasaran online.

#Resolusibisnis2019 Bersama Ralali

Mengapa pemasaran online menjadi penting di era digital ini?

Pemasaran online merupakan cara yang efektif dan efisien dalam memsarkan produk di era digital ini. Efektif karena pemasaran berbasis internet tersebut bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Disamping itu juga lebih efisien karena baya yang dikeluarkan lebih rendah dari pada biaya pemasaran offline seperti pameran di mall misalnya.

Karena itu untuk mewujudkan resolusi tersebut saya berencana membuat toko online khusus furniture jati. Tapi tunggu dulu……

Membuat toko online sendiri tentu membutuhkan banyak persiapan. Katakanlah biaya membuat toko onlinenya teratasi.  Tapi optimasi websitenya pasti membutuhkan waktu lama. Belum lagi proses brandingnya. Aish…kira-kira sanggup nggak ya saya mengerjakan semua itu sendiri sambil momong anak? hehehe

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Saat saya sedang menimbang-nimbang membuat toko online sendiri saya menemukan marketplace bernama ralali.com.  Dan sepertinya marketplace yang satu ini bisa menjadi jembatan saya mewujudkan #resolusibisnis2019 saya.

resolusi bisnis 2019
Tampilan depan situs Ecommerce B2B ralali.com

Membangun Bisnis Lebih Mudah Bersama Ralali.com

Apa itu Ralali.com?

Didirikan pada tahun 2013, ralali.com adalah B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant & Café), dan lainnya.

Waktu membaca nama ralali saya bergumam, kok kayak nama jawa. Ralali artinya tidak lupa.  Dan ternyata memang benar begitu artinya.

Disebut B2B (Bussiness to Bussiness) Online karena Ralali menghubungkan pembeli, baik korporat maupun individu, dalam menemukan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama dan terpercaya. Dengan demikian membangun bisnis di era digital ini lebih mudah apalagi dengan adanya Ralali.

Bagi Anda yang berencana memulai atau mengembangkan bisnis di tahu 2019 ini tapi masih kesulitan mencari supplier terpercaya dan mendapatkan produk dengan harga grosir, Ralali memberikan solusi tersebut untuk Anda. Konon semua produk apapun yang Anda butuhkan, bisa Anda dapatkan di ralali.com. Bahkan jika memang produk yang Anda butuhkan tidak ada di ralali, mereka bisa menyediakan produk tersebut untuk Anda. Begitulah janji ralali.

resolusi bisnis 2019
12 Kategori utama produk di Ralali
resolusi bisnis 2019 bersama ralali
Form pengajuan produk yang belum tersedia di Ralali (Ralali Quotation)

Apa Untungnya Belanja di Ralali.com

resolusi bisnis 2019

Penjual dan pembeli di Ralali menggunakan rekening bank bersama sehingga transaksi Anda dipastikan aman. Ralali memberi jaminan kepastian pembayaran mudah dan cepat dalam 4 hari kerja melalui pembayaran lewat ATM dan internet banking yang didukung oleh bank – bank ternama.

resolusi bisnis 2019

Rata-rata harga produk yang terdapat di ralali merupakan harga Grosir dan harganya lebih murah sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual kembali produk tersebut dan bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Tapi  

resoluso bisnis 2019

Ralali memiliki lebih dari 1200 vendor dan sekitar 75.000 produk dalam berbagai kategori.  Anda juga melakukan penawaran harga pada penjual secara langsung melalui fitur chat.

resolusi bisnis 2019

Banyak promo dan diskon yang ditawarkan ralali.com yang bisa Anda manfaatkan. Segera miliki akun di ralali dan manfaatkan promo yang ada untuk memaksimalkan keuntungan usaha Anda.

Bagaimana Teman, sudah ada list produk yang akan di beli di Ralali untuk membangun usaha Anda? Jangan lupa registrasi akun dulu di Ralali untuk mendapatkan banyak promo dan kemudahan berbelanja lainnya. Di awal tahun 2019 #inisaatnya membangun #resolusibisnis2019 bersama ralali.com. 

Peluang Kerjasama dengan Ralali

Ralali bukan hanya menawarkan produk dengan harga grosir bagi pelaku usaha tapi juga membuka peluang bisnis lain yang tidak kalah menarik bagi pemilik produk. Yakni tawaran kerjasama dengan cara berjualan dengan Ralali. Kesempatan inilah yang saya sebutkan singgung sebagai jembatan saya untuk mewujudkan resolusi bisnis di tahun 2019 ini. 

Pemilik produk dan jasa berkesempatan menawarkan produk dan jasanya di Ralali dengan syarat dan ketentuan berlaku. Hal ini tentu menjadi peluang emas bagi pemilik produk seperti saya yang bingung dengan pemasaran produknya secara online. Beberapa keuntungan bekerjasama dengan Ralali bisa dilihat melalui infografis di bawah ini.

resolusi bisnis 2019

Diantara beberapa keuntungan bekerjasama dengan Ralali diatas, yang paling menarik menurut saya adalah jangkauan pemasaran secara nasional. Sejujurnya target saya sih nggak muluk-muluk, saya berharap melalui pemasaran online produk furniture saya bisa menjangkau wilayah Kalimantan Timur dulu. Menurut saya pencapaian itu sudah bagus.  

Kategori Produk yang Bisa Dijual di Ralali

Hampir semua produk yang bisa Kita beli di Ralali, Kita bisa mengajukannya sebagai penjual produk tersebut. Mulai dari kategori pertanian dan makanan, furniture dan dekorasi hingga berbagai produk kebutuhan kantor dan lain-lain.

Bagaimana jika Kita tidak punya produk tapi menguasai ketrampilan tertentu? Disinilah menariknya, karena di Ralali Kita juga bisa menawarkan jasa apapun (tentunya yang tidak dilarang agama dan negara) pada customer. Hingga saat ini jasa yang ditawarkan di Ralali meliputi jasa desain, jasa kebersihan, Jasa lain-lain seperti katering, konsultan, SPG dan lain-lain. Jika Anda memiliki jasa selain itu yang bisa ditawarkan kenapa tidak mencoba mengajukannya ke Ralali.

resolusi bisnis 2019
Detail kategori Produk Furniture dan Dekorasi di Ralali

Jika tidak punya produk dan jasa tapi ingin berjualan di Ralali gimana?

 

Eits jangan putus asa dulu #inisaatnya Tau Ralali.com yang membuat Bisnis itu Gampang. Jika Anda tidak punya produk dan jasa, Anda bisa memulainya dengan Ralali Quotation (RQ). 

Seperti yang saya sebutkan di atas, Ralali Quotation (RQ) adalah permintaan customer atas produk tertentu yang tidak ada di Ralali. Nah jika merasa sanggup menyuplai produk yang dibutuhkan customer tersebut, Kita bisa mendaftar terlebih dahulu sebagai penjual di Ralali. Kemudian mengajukan penawaran produk dalam Ralali Quotation tersebut. 

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat list permintaan produk di bawah ini dari customer Ralali periode Januari 2019. 

resolusi bisnis 2019
Ralali Quotation per 4 Januari 2019

Dari list quotation di atas Kita tahu ada permintaan 100 box Indomie rasa Soto Mie dan permintaan lainnya dari customer yang memberi kesempatan siapapun untuk mengambil peluang berbisnis bersama Ralali. Anda tertarik mengambil salah satu peluang tersebut sebagai pembuka mewujudkan resolusi bisnis di tahun 2019 Anda? Yuk jadi penjual di Ralali dengan mengikuti tahapan di bawah ini.

Cara Berjualan di Ralali

Secara umum cara mendaftar sebagai penjual di Ralali hampir sama dengan marketplace lain. Yang membedakan adalah penjual di Ralali dibagi menjadi dua, yaitu penjual perorangan dan penjual atas nama perusahaan. Dokumen yang disiapkan saat mendaftar pun berbeda. Untuk penjual perorangan, dokumen yang diminta adalah KTP dan NPWP. Sedangkan penjual atas nama perusahaan, dokumen yang harus disipakan selain KTP dan NPWP juga AKTA Peruasahaan SKDP, TDP dan SIUP. 

Tahapan  pendaftaran sebagai penjual di Ralali sebagai berikut :

1. Mengisi formulir secara online dengn klik link berikut ini (https://www.ralali.com/seller-registration)

2.Kita akan mendapatkan e-mail pemberitahuan untuk verifikasi pendaftaran.

3. Setelah melakukan verifikasi, Kita akan langsung diarahkan ke seller panel toko Anda, disini Kita dapat mulai mengisi dan wajib melengkapi informasi tentang Perusahaan. Seperti Informasi Toko, Informasi Gudang, Informasi Pembayaran dan Dokumen Pendukung yang dibutuhkan.

4. Kita dapat juga melengkapi tampilan toko (banner, logo, deskripsi toko), profil perusahaan, serta mengupload produk yang akan dijual

5. Tim Ralali.com akan melakukan verifikasi toko dan informasi yang Kita masukkan.

6. Apabila Kita lolos verifikasi sebagai Penjual, Kita akan mendapatkan e-mail notifikasi dari Tim Ralali.com

7.  Kita juga akan mendapatkan support dari satu Account Executive yang akan membantu Kita selama berjualan beserta informasi kontak yang dapat dihubungi.

8. Saatnya berjualan di Ralali

Alur Pendaftaran Penjual di Ralali

resolusi bisnis 2019

Kesimpulan :

Banyak cara untuk mewujudkan resolusi bisnis yang telah Kita buat di tahun 2019 ini. Salah satunya adalah melalui e-commerce B2B bernama ralali.com. Melalui situs tersebut Kita bisa mendapatkan berbagai produk dengan harga grosir untuk menunjang kebutuhan bisnis Kita. Bukan hanya itu, Kita juga bisa mendaftarkan diri untuk berjualan di ralali dengan beragam fasilitas yang menguntungkan. 

Mau mewujudkan resolusi bisnismu di tahun 2019 ini? Ojo lali sama Ralali rek! 

Only registered users can comment.

  1. Jujur aku baru tau marketplace bernama Ralali, hehe.
    Ralali Quotation menarik juga ya, ibaratnya ga usah nyimpen barang di etalase dulu tapi bisa dapet keuntungan penjualan

  2. Setelah baca ulasan Mbak Mutia tentang Ralali, saya jadi paham konsep kerjanya. cara Mbak menerangkan sesuatu dengan pemahaman orang bisnis membuat saya tertarik untuk tahu lebih jauh mengenai Ralali. Saya tak punya bisnis namun pengen bisa berbisnis cuma tak tahu caranya gimana. Nyimak saja melulu tanpa praktik, hi hi.
    Sepertinmya sistem Ralali aman karena penjualnya dibuat selektif, itu bisa menghindari penipuan bisnis yang kerap terjadi dalam dunia daring (dalam jaringan).
    Tulisan ini bagus, Mbak membahas bisnis Mbak dan kendalanya, jadi saya bisa tahu bahwa dunia bisnis itu akan alami banyak pasang-surut serta tantangan. Semoga menang, ya, Mbak. Soalnya tulisan ini matang. 🙂 Salam.

  3. Lucu ya namanya mba, Ralali alias tidak lupa hahaha

    Saya baru aja tau kalau ada marketplace ini, dan kayaknya lebih terpercaya ya belanja di sini.

    Bisnisnya keren banget mba, 9 tahun dan sudah mengalami banyak pasang surut perbisnisan.

    semoga sukses selalu ya mba 🙂

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!