Pengertian Link dan Cara Menambahkan Link Pada Artikel

Menambahkan link pada artikel bukan hanya membantu mesin telusur dalam merayapi artikel di blog kita. Tapi juga membuat pengunjung lebih lama berada di blog kita. Dan tentu itu sesuatu  yang bagus untuk sebuah blog. Lalu apa itu Link dan bagaimana cara membuatnya?

Link adalah singkatan dari hyperlink yaitu tautan yang berhubungan dengan halaman, posting, widget, laman lain. Baik pada satu blog maupun dengan blog lainnya.

Ada banyak Jenis Link, tapi yang perlu kita ketahui dulu ada 2 (dua). Yaitu:

1. Internal Link

Yaitu link/tautan yang dihubungkan pada laman maupun postingan di blog yang sama. Contohnya, Link Tips Menulis Artikel. Kalimat tersebut jika di klik akan ototomatis terhubung dengan artikel di blog ini juga yaitu Tips Menulis Artikel Agar Disukai Pembaca.

2. External Link

Yaitu link/tautan yang dihubungkan pada laman maupun postingan yang mengarah pada alamat blog lain. Misalnya, kita menggunakan wikipedia untuk mencari definisi istilah tertentu. Maka kita bisa membuat link eksternal menuju situs Wikipedia tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat link pada blogspot?

Pertama, Masuk ke menu Postingan, kemudian klik Semua. Lalu pilih salah satu artikel yang akan ditambahkan link.

  1. Blok kata/kalimat yang akan ditambahkan link.
  2. kemudian klik tombol/fitur “Link” pada menu bar postingan seperti gambar dibawah ini.

Maka akan muncul laman seperti gambar dibawah ini.

Keterangan:

  1. Anchor text yang kita blok tadi akan muncul pada kolom ini
  2. Tulis link di kolom tersebut. Pada gambar tersebut, saya menambahkan link eksternal pada situs Pixabay.com
  3. Centang pada 2 (dua) kotak tersebut. Salah satunya, agar otomatis link terbuka pada tab browser baru. Kedua kotak tersebut tidak harus selalu dicentang, tergantung tujuan kita membuat link.
  4. Jika sudah selesai, klik “OK”.

Nah, gambar dibawah ini adalah tampilan link yang saya buat tadi. Jika kata “Sini”, maka otomatis akan mengarah pada situs Pixabay.com.

Tips Membuat Link Untuk Artikel Pertama di Blog

Membuat link pada artikel pertama di blog, kadang membuat kita bingung. Karena belum ada artikel lain yang akan ditautkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba cara yang biasa saya gunakan dibawah ini.

Buat 3 (tiga) link dalam artikel Anda. satu, link eksternal yang ditautkan pada situs populer seperti wikipedia. Dua, link internal yang ditautkan pada homepage (alamat blog Anda). Tiga, Link internal  yang ditautkan pada artikel itu sendiri.

Untuk mengetahui link pada artikel yang sedang Anda buat, Anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini.

Gambar yang saya tandai dengan kotak merah adalah tautan artikel yang sedang Anda buat. Blok link tersebut kemudian copy, dan pastekan pada link yang Anda buat.

Bagaimana apa Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Jika ada pertanyaan silahkan menulisnya di kolom komentar yaa…:-)

Hai...Silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)