khimar segiempat atau khimar instant
Gaya Hidup

Khimar Segiempat atau Khimar Instant, Mana Gaya Hijabmu?

10 Januari 2019

Sebagai seorang muslimah, saya bersyukur makin tahun makin banyak Kita temui wanita yang memakai hijab. Nggak cuma ibu-ibu, kesadaran menutup aurat tersebut juga terlihat pada anak-anak usia sekolah umum (non madrasah) seperti SMA, dimana jilbab seperti telah menjadi bagian dari seragam resmi mereka. Beda benget dengan jaman saya sekolah SMA dulu sekitar tahun 2000 (Hiks ketahuan deh umurnya hehehe),sisiwi yang memakai khimar saat itu bisa dihitung dengan jari tangan. 

Btw, ada yang sadar nggak kalau saya menggunakan kata hijab, jilbab dan khimar sekaligus dalam satu paragraf di atas?

Saya pribadi sering rancu juga menyebutkan istilah salah satu penutup aurat tersebut. Sebagian orang mungkin juga mengira semua istilah tersebut mengandung arti yang sama. Padahal sebenarnya beda. 

Agar anak betah di Pesantren, Ini tipsnya.

Beda Istilah Hijab, Jilbab, Khimar dan Kerudung

Mengutip dari laman Islamidia, arti hijab hijab berarti penutup secara umum baik tirai pembatas, kelambu ataupun tabir yang membuat seorang muslimah tertutupi dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya. Istilah hijab ini disebutkan dalam Qur’an surah Al ahzab ayat 53. 

Sedangkan definisi jilbab termaktub dalam QS. Al-Ahzab : 59 yang berarti busana terusan untuk menutupi seluruh tubuh wanita kecuali wajah dan tangan. Kedua istilah hijab dan jilbab merujuk pada bentuk menutup aurat secara umum bagi wanita.

pengertian hijab, jilbab dan khimar
Gamis secara definitif sama artinya dengan jilbab dan hijab ( Sumber gambar: @hijabnays.id)

Istilah ketiga yang Kita kenal terkait penutup aurat wanita bagian atas adalah khimar. Khimar memiliki arti yang lebih spesifik yakni kerudung yang menutupi kepala hingga leher dan dada. Sebagaimana firman Allah dalam (QS. An-Nur : 31)

Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, 

“… agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya…” (QS. An-Nur : 31)

Baca : Lima Barang yang selalu ada di Tas

Ada lagi istilah Kerudung yang berarti semacam selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan. Kerudung bisa dipakai karena berbagai tujuan, seperti demi kehangatan, untuk kebersihan, untuk fashion atau jati diri unik; dengan alasan keagamaan, menyembunyikan kebotakan, demi kesopanan, atau alasan-alasan lainnya. 

Dari keempat istilah diatas, definisi khimar sepertinya lebih cocok menggambarkan bentuk penutup aurat bagi muslimah yang sesuai dengan syariat Islam. Karena istilah khimar nggak cuma berarti  penutup kepala seperti kerudung tapi juga menutupi leher dan juga dada. Jadi untuk postingan selanjutnya di bawah saya akan memakai istilah khimar untuk menggantikan istilah lain yang kita kenal selama ini dengan hijab, jilbab dan lain-lain.

Khimar Segiempat atau Khimar Instant, Mana Gaya Hijabmu?

Perkembangan fashion muslim cukup pesat beberapa tahun belakangan. Salah satu efek positifnya adalah munculnya berbagai jenis dan desain khimar baru dengan sangan cepat dan up to date. Meskipun demikian, jenis khimar yang paling umum dipakai sebenarnya bisa dibedakan menjadi dua yaitu khimar segiempat dan khimar instant.

Khimar segiempat termasuk model khimar paling lama. Dari zaman saya masih sekolah madrasah (setingkat SD) bahkan bisa jadi dari belasan tahun sebelumnya jenis khimar ini sudah eksis. Dulu cara pakainya tinggal pakai peniti di bawah dagu. Simple dan praktis. Tapi sekarang sudah banyak tutorial khimar segiempat yang membuat penampilan lebih modis dan anggun. Nggak cuman itu, jika dulu Kita hanya mengenal khimar segiempat dengan warna polos, sekarang sudah banyak khimar segiempat dengan motif yang cantik dan kekinian. Ukurannya pun beragam mulai dari ukuran 100×100 cm sampai ukuran 150×150 cm.

Khimar segiempat ini termasuk favorit saya saat ada acara di luar. Biasanya saya pakai yang ukuran 130×130 cm jadi lumayan panjang untuk menutupi bagian depan dan belakang. Biarpun harus memakai beberapa peniti tapi saya suka khimar jenis ini karena memberi kesan sederhana dan mantesi (baca;cocok) di wajah.  Penampilan pun kelihatan rapi jadi cocok dipakai acara apa aja. 

khimar segiempat atau khimar instant
Hijab segiempat ukuran 130x130 cm tampak belakang (Sumber gambar : Dokumen pribadi)

Jenis khimar yang paling umum dipakai berikutnya adalah khimar instant. Jenis khimar ini tergolong baru dari pada pendahulunya khimar segiempat. Menggunakan embel-embel instant, cara pakai khimar jenis ini benar-benar instant. Tinggal slup masukkan kepala jadi deh cantik. hehe. Karena kepraktisannya ini banyak banget penggemar  khimar jenis ini. Apalagi modelnya juga bervariasi mulai dari khimar pet, non pet, khimar rempel, khimar pinguin dan lain-lain. Jenisnya pun macam-macam mulai dari bergo hingga pashmina instant.

khimar segiempat atau khimar instant
Pashmina instant (Sumber gambar : @hijabnays.id)
khimar segiempat atau khimar instant
Khimar instant non pet ( Sumber Gambar : @hijabnays.id)

Untuk khimar instant saya biasa memakainya untuk aktifitas sehari-sehari di rumah atau keluar rumah yang keperluannya santai seperti ke swalayan atau ke apotik. Kadang-kadang sih kalau lagi males pakai khimar segiempat, saya pakai khimar instant ke acara tertentu. Kalau pingin tampil formal tapi tetep pakai khimar instan, biasanya saya siasati dengan memakai pashmina instant. Aseli ngebantu banget. Praktis tapi tetep rapi seketika.

Pilihan jenis khimar bisa berbeda setiap orang dengan alasan masing-masing pula. Tapi yang pasti ada baiknya tetap memperhatikan unsur-unsur syari dalam memilih khimar. So dari kedua jenis khimar di atas, mana yang menjadi favoritmu, Teman? Share di kolom komentar yuk dan jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut Anda menarik.

Only registered users can comment.

  1. Ternyata kerudung itu bahasa Arabnya khimar. Saya baru tahu. Biasa sebut jilbab, belakangna malah hijab karena ikut-ikutan saja pasdahal saya tahu apa arti sesungguhnya, he he.
    Saya juga kebanyakan punya khimar segi empat. Asal pasang biasa saja, beres. Tak bisa dandan cakep karena malas nonton tutorialnya. Gak ada alasan yang membuat saya terpaksa gitu. Mana saya orangnya konvensional jadi tak suka menarik perhatian.

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!