Sepuluh Tahun PRUSyariah Untuk Semua ditandai Dengan Peluncuran PRUprime Healthcare Syariah Di Medan

Sepuluh Tahun PRUSyariah Untuk Semua ditandai Dengan Peluncuran PRUprime Healthcare Syariah Di Medan – Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan saat ini semakin meningkat. Salah satu pemicunya adalah perubahan pola penyakit.

Jika dulu kita hanya mengenal penyakit ringan seperti demam, flu dan batuk. Tapi sekarang penyakit seperti kanker, gagal ginjal, stroke sangat rentan menyerang siapa saja. Disisi lain, biaya kesehatan di rumah sakit pun semakin tinggi. Karena itulah kita membutuhkan asuransi kesehatan yang dapat membantu kita mencover berbagai biaya yang timbul terkait risiko kesehatan kita.

Secara prinsip, ada 2 (dua) jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Yakni asuransi kesehatan konvensional dan asuransi kesehatan syariah. Sebagian umat Muslim merasa ragu dengan hukum produk asuransi konvensional. Jika Anda juga demikian, Anda bisa memilih PRUprime healthcare Syariah yang merupakan salah satu produk asuransi berbasis Syariah yakni Prudential Syariah (PruSyariah) Indonesia.

Memperingati tahun ke 10 (Prudential 10th anniversary) PRUSyariah Untuk Semua, Prudential berusaha memahami kebutuhan masyarakat akan perlindungan. Salah satunya melalui produk PRUprime healthcare Syariah. Yaitu sebuah produk pelayanan kebutuhan asuransi di rumah sakit yang komplit sesuai tagihan berbasis syariah dengan cakupan global (global coverage) dan benefit yang berkembang.

Jajaran Komisaris dan Direksi Prudential Syariah Indonesia bersama awak media saat Peluncuran PRUprime healthcare Syariah di Hotel Marriot Medan Jumat kemarin.

Berikut beberapa keunggulan PRUprime healthcare Syariah  yang akan membuat Anda semakin mantap memilih produk asuransi ini.

  1. Sesuai dengan ketentuan hukum Islam dan bersifat universal.

Produk dan operasional PRUprime healthcare Syariah dibawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah Prudential yang terdiri dari Dr.H.Anwar Ibrahim dan  Dr.Ahmad Nuryadi Asmawi, LL.B, MA. Dimana Dewan Pengawas tersebut ditunjuk oleh Dewan Syariah Nasional MUI.

Dengan kata lain, produk dan operasional PRUprime healthcare Syariah dijamin sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Sehingga kita tidak perlu ragu untuk memilih dan mengambil manfaat asuransi tersebut.

Disisi lain meskipun produk asuransi ini berbasis syariah, tetapi tetap memegang prinsip universalitas. Artinya siapapun bisa menggunakan dan mengambil manfaat dari produk ini, baik itu muslim maupun non muslim.

  1. Manfaat asuransi dapat di klaim di seluruh Negara kecuali Amerika Serikat.

Bagi Anda yang suka travelling ke luar negeri, Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba Anda sakit dan harus dirawat inap di Negara yang Anda kunjungi. Karena untuk jumlah plan tertentu, manfaat asuransi tetap dapat diklaim di Negara manapun kecuali Amerika Serikat.

  1. Mendapatkan perlindungan dengan biaya asuransi lebih murah dengan fasilitas Pruprime Saver.

PruPrime Saver adalah fasilitas pilihan yang memungkinkan Anda mendapatkan biaya asuransi yang lebih murah, jika Anda memilih menanggung sendiri sejumlah biaya rawat inap hingga batas tertentu sesuai plan yang Anda pilih.

Fasilitas ini juga memudahkan Anda dalam menyesuaikan biaya asuransi yang harus Anda bayar dengan penghasilan yang Anda miliki.

  1. Mendapatkan fasilitas Pruprime Limit Booster untuk menambah batas manfaat tahunan.

Yaitu fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan batas manfaat tahunan perlindungan rawat inap Anda. Fasilitas ini hanya diberikan satu kali selama masa pertanggungan.

Nilai Pruprime Limit Booster ini dapat meningkat, apabila saat Anda menjalani rawat inap Anda memilih kamar inap dibawah plan yang Anda miliki. Selisih harga kamar tersebut akan dibayarkan pada Pruprime Limit Booster Anda.

  1. Keunggulan lainnya dari PRUprime Healthcare Syariah ini adalah fleksibilitas dalam mengatur masa perlindungan asuransi tambahan. Disamping itu, adanya dana santunan marhamah (santunan kasih sayang) jika peserta yang diasuransikan meninggal dunia.

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja PRUprime Healthcare Syariah ini?

Sebagai asuransi berbasis syariah, PRUprime Healthcare Syariah dalam akad (kontraknya) menggunakan akad tabarru’. Yaitu sebuah kontrak yang dilakukan dengan tujuan kebaikan dan saling tolong menolong. Akad tabarru’ ini bersifat saling menguntungkan (surplus sharing) diantara kedua belah pihak.

Akad tabarru’ dalam PRUprime Healthcare Syariah ini melibatkan hubungan antara para peserta satu dengan peserta lainnya. Dalam akad ini, peserta asuransi menyerahkan plan (dana asuransi) yang dimiliki sebagai hibah yang akan digunakan untuk menolong peserta lain yang terkena musibah. Sedangkan pihak Prudential hanya sebagai pengelola dana hibah saja.

Oleh karena itu, setiap bulan biaya asuransi atas PRUprime Healthcare Syariah akan dialokasikan untuk biaya/ujrah pengelolaan resiko sebesar 30% dan iuran Tabarru’ sebesar 70%.

10 Tahun Prudential Syariah dan Peluncuran PRUprime healthcare syariah di Medan

Pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2017 kemarin, bertempat di Hotel Marriot Medan. PT Prudential Life Insurance Indonesia memperingati tahun ke 10 kiprah Prudential syariah dalam dunia asuransi di Indonesia.

Acara tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memiliki perlindungan asuransi sesuai tagihan sekaligus memperkenalkan produk PRUprime healthcare syariah. Disamping itu, acara tersebut juga bertujuan untuk memperkuat hubungan Prudential dengan media massa.

(Dari kanan ke kiri) Bpk. Rinaldi Mudahar, Country CEO Prudential Indonesia. Bpk. Ahmad Nuryadi, Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia. Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing&Communications and Sharia Director Prudential Indonesia. Paradikma Subawa, Product Planning and Development Prudential Indonesia.

Acara yang berlangsung mulai pukul 10.30 wib hingga 11.30 wib ini diisi dengan  pemaparan 10 tahun prudential syariah oleh Ibu Nini Sumohandoyo selaku  corporate Marketing Communication and Sharia Director Prudential Indonesia. Serta pemaparan PRUprime healthcare syariah  dipresentasikan oleh Pradikma Subawa selaku Product Planning dari Prudential Syariah.

Sedangkan materi tentang konsep asuransi syariah disampaikan oleh Bapak Ahmad Nuryadi selaku anggota Dewan Pengawas Syariah Prudential Indonesia.

Beberapa pesan penting yang disampaikan dalam acara tersebut diantaranya ;

Pertama, Dalam memperingati tahun ke 10  di Industri syariah, Prudential terus berkomitmen untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perlindungan terbaik. Salah satunya melalui peluncuran PRUprime healthcare Syariah yang merupakan produk asuransi berbasis syariah.

Kedua, Prudential menjunjung tinggi nilai-nilai universal syariah, yang termasuk di dalamnya prinsip gotong royong, berbagi risiko dan manfaat untuk semua, yang baik untuk semua orang dan sesuai dengan kebutuhan keluarga Indonesia.

Ketiga, Melalui kepemimpinannya di Industri syariah, Prudential akan terus memperkuat komitmennya untuk mengurangi kesenjangan proteksi di masyarakat Indonesia dan memajukan perekonomian lokal berbasis syariah.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi Anda 🙂

 

 

About Mutia Faridah 22 Articles
Hai Saya Mutia Faridah... Saya Ibu Rumah Tangga yang sedang belajar tentang bisnis, keuangan dan investasi. Untuk berkenalan dan menjalin kerjasama dengan saya, Anda bisa menghubungi email saya crafeltsamarinda@gmail.com.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan