Modal Bisnis Kuliner Aneka Lalapan

Bisnis kuliner aneka lalapan cukup populer di Indonesia. Selain pengolahannya yang simple. Perpaduan antara ayam/bebek/ikan dengan sambal dan aneka lalapan ini cukup digemari banyak kalangan.

Jika budget Anda untuk memulai bisnis kuliner ini sekitar 10 juta rupiah, Anda bisa memulainya dengan konsep warung tenda terlebih dahulu. Untuk itu Anda perlu menyewa lahan yang strategis dan membeli tenda untuk jualan.

Sekedar info, di daerah Surabaya biaya sewa lahan sekitar 300-800 ribu rupiah tergantung tempat dan fasilitasnya. Sedangkan harga tenda ukuran 4×4 meter sekitar 3 juta rupiah.

Seorang teman saya yang sudah menekuni bisnis kuliner ini selama 10 tahun mengatakan. Bahwa meskipun bisnis kuliner dengan konsep warung tenda ini tergolong murah, tapi juga memiliki kekurangan yang harus diantisipasi.

Warung Tenda sebagai alternatif memulai bisnis kuliner aneka lalapan. Foto : Tokopedia

Kekurangan tersebut diantaranya, Anda harus siap bongkar pasang setiap kali buka dan tutup warung. Oleh karena itu, jika Anda laki-laki minimal Anda harus memiliki minimal 1 orang lagi karyawan laki-laki terutama untuk membantu hal tersebut.

Dalam bisnis kuliner aneka lalapan ini selain kebersihan tempat dan makanannya, rasa sambal yang disajikan pun juga menjadi kunci penting untuk menarik pelanggan. Karena penikmat kuliner lalapan ini pasti menyukai sambal.

Selain itu Anda juga harus sering-sering belajar dan mencoba berbagai resep sambal terasi maupun sambal lainnya. Siapa tahu kedepannya, Anda malah bisa menciptakan sambal yang unik yang menjadi ciri khas warung Anda dan yang pasti disukai pelanggan warung Anda.

Sambal yang enak menjadi kunci penting dalam bisnis kuliner aneka lalapan ini. foto : wikipedia

Untuk memulai bisnis kuliner aneka lalapan ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal salah satunya adalah kebutuhan modal. Dibawah ini daftar kebutuhan modal untuk memulai bisnis kuliner aneka lalapan ini.

No Keterangan Jumlah
1. Sewa lahan Rp. 500.000 X 3 bulan= Rp. 1.500.000,- *
2. Beli Tenda ukuran 4×4 meter Rp. 3.000.000
3. Perlengkapan warung seperti etalase, meja, kursi, dll Rp. 2.000.000
4. Perlengkapan makan seperti piring, sendok, cobek,dll Rp. 1.000.000
5. Belanja untuk bahan pokok seperti beras, ayam, bumbu, lalapan, dll Rp. 5.000.000 **
6. Cadangan modal Rp. 2.500.000
TOTAL KEBUTUHAN MODAL Rp. 15.000.000

Keterangan :

* 3 bulan pertama adalah masa perkenalan bisnis Anda. Disamping itu untuk mengatasi kenaikan sewa lahan dari pemiliknya maka Sewa lahan sebaiknya untuk 3 bulan sekalian.

** Pada awal-awal buka, sesuaikan jumlah kebutuhan belanja dengan perkiraan jumlah pengunjung di warung Anda. Jangan berlebihan dan juga jangan sampai kekurangan. Pilah pilih bahan pokok yang bisa disimpan dan yang harus dibeli dalam kondisi fresh.

Penutup

Bisnis kuliner aneka lalapan ini meskipun kelihatannya sederhana tapi prospeknya cukup menjanjikan. Jika Anda mengalami berbagai kendala dalam penggunaan konsep warung tenda, Anda bisa menyewa bangunan permanen. Tapi untuk itu Anda membutuhkan budget 2 hingga 3 kali lipat dari kebutuhan modal yang saya sebutkan diatas. Tapi keuntungan yang Anda dapatkan pun kemungkinan bisa lebih banyak.

*Terimakasih untuk teman saya M.Hafid yang bersedia memberikan beberapa data terkait artikel ini

About Mutia Faridah 23 Articles
Hai Saya Mutia Faridah... Saya Ibu Rumah Tangga yang sedang belajar tentang bisnis, keuangan dan investasi. Untuk berkenalan dan menjalin kerjasama dengan saya, Anda bisa menghubungi email saya crafeltsamarinda@gmail.com.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan