Blogging

Mengenal Fitur Postingan di blogspot

Salah satu kelebihan blogspot adalah fiturnya yang simple dan mudah dipahami bagi pemula sekalipun. Termasuk fitur postingan/penulisan artikel.

Beberapa fitur postingan di blogspot ini pada dasarnya, memiliki kesamaan dengan fitur di microsof word. Meskipun demikian, ada fitur icon tertentu yang hanya ada di postingan blogspot ini. Fitur apa sajakah itu?

Untuk membuat postingan di blogspot, kita bisa masuk ke dasbor blog seperti gambar dibawah ini.

Klik Pos > Entri Baru. Lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini.

 

Keterangan Gambar :

  1. Judul Pos/Artikel. Tulis judul Pos/Artikel yang mengandung kata kunci (keyword) yang anda bidik di blog Anda. Hal ini akan membantu artikel Anda lebih mudah dideteksi mesin telusur.
  2. Mode Compose dan Mode HTML. Mode compose adalah mode menulis artikel standar dan paling sering digunakan. Sedangkan mode HTML adalah Mode menulis saat kita akan menambahkan, mengurangi maupun mengubah kode HTML dalam penulisan artikel kita.
  3. Toolbar Undo dan Redo seperti halnya di microsoft word.
  4. Jenis font dan ukuran font. Pilih font yang umum digunakan. Seperti: times new roman, arial dll. Untuk ukuran font pilih yang normal saja.
  5. Toolbar untuk mengubah huruf menjadi tebal, miring atau digaris bawahi.
  6. Toolbar untuk mengubah warna tulisan dan memberi warna pada background tulisan.
  7. Untuk menambahkan ink pada postingan.
  8. Untuk menambahkan gambar dan video pada postingan.
  9. Untuk memotong artikel agar menarik
  10. Untuk mengatur perataan paragraf pada postingan.
  11. Toolbar untuk membuat kutipan dalam postingan.
  12. Toolbar Bullet dan numbering.
  13. Label adalah kategori artikel. Anda bisa mengelompokkan artikel di blog Anda dengan kategori tertentu. Ini akan memudahkan Anda dan pengunjung dalam menemukan artikel yang dibutuhkan.
  14. Deskripsi Penelusuran : Tulis dengan deskripsi penelusuran blog Anda. Untuk mengaktifkan deskripsi penelusuran pada postingan, pada dasbor blog > setelan > Preferensi Penelusuran > Deskripsi. Isi kolom deskripsi tersebut seperti halnya deskripsi blog. Lalu simpan.
  15. Tulis Artikel Anda disini. Tulis artikel minimal 300 kata. Sebaiknya tidak kurang dari itu. Untuk mengecek jumlah kata dalam artikel Anda, Anda bisa menggunakan tolls idwordcounter360.com.
  16. Jika Anda sudah selesai membuat artikel, Anda bisa klik “Publikasi” jika ingin menerbitkan artikel Anda atau klik “simpan” untuk menyimpan dulu artikel Anda

Itulah beberapa fitur dalam postingan di blogspot yang harus Anda ketahui sebelum menulis artikel Anda. Semoga bermanfaat 🙂

 

Hai...Tinggalkan komentar disini Temans ;-)