Cara Riset Kata Kunci Bagi Pemula

Cara Riset Kata Kunci Bagi Pemula – Ketika seorang Blogger dihadapkan pada pertanyaan tentang tujuan membuat blog, ada sebagian yang memberikan jawaban “ingin berbagi informasi yang bermanfaat pada orang lain”.

 Itu tidak salah, itu tujuan yang sangat mulia.

Akan tetapi permasalahannya, bagaimana jika informasi bermanfaat yang dimaksud tidak sampai pada pembaca, dikarenakan banyaknya artikel serupa di mesin telusur.

Nah, untuk menghindari hal itu,  penting bagi kita melakukan riset kata kunci (keyword) sebelum membuat postingan di blog kita. 

Apa itu riset kata kunci dan bagaimana cara riset kata kunci bagi pemula?

Riset kata kunci adalah metode pencarian kata atau frasa tertentu yang paling sering diketikkan para pengguna internet di mesin telusur. Kata kunci ini nantinya akan digunakan dalam menyusun postingan di blog.

Jika kita bisa melakukan riset kata kunci dengan tepat, maka kemungkinan artikel kita tampil di halaman pertama mesin telusur pun semakin meningkat.

Itu sebabnya, riset kata kunci merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh seorang blogger.

Dari segi banyaknya suku kata yang dipakai, kata kunci (keyword) dapat dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Short Tail Keyword, yaitu kata kunci yang terdiri dari 1-3 suku kata. Misalnya, hijab, busana muslim, fashion muslim terbaru
  2. Long Tail Keyword, yaitu kata kunci yang terdiri dari 4 suku kata atau lebih. Misalnya, cara mencerahkan wajah dengan cepat, dll.

Sedangkan dalam SEO ada 3 jenis kata kunci (keyword) yang wajib diketahui terutama oleh para blogger. Diantaranya :

  1. Buying Keyword adalah kata kunci (keyword) yang biasa digunakan pengguna internet saat mencari produk/jasa melalui media internet dengan maksud untuk membeli/menggunakan produk tersebut.Umumnya kata kunci diawali dengan kata “jual”. Buying keyword bisa diterapkan bagi blog/website yang memasarkan produk/jasa tertentu untuk menjaring calon pembeli yang mencari produk yang dipasarkan. Misalnya :

          Jual senapan angin terbaru

          Jasa sewa tenda terlengkap

  1. Asking Keyword adalah kata kunci yang sering diketikkan pengguna internet saat mereka mencari solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Umumnya kata kunci tersebut diawali dengan kata “cara” atau “bagaimana cara”. Misalnya :

          Cara memperbaiki mesin cuci rusak

          Bagaimana cara membuat filter air 

  1. Seasonal Keyword adalah kata kunci musiman. Kata kunci ini biasanya diketikkan orang saat terjadi peristiwa yang menggemparkan atau sesuatu yang sedang viral. Kata kunci seperti ini kadang berhasil mendatangkan ledakan pengunjung pada sebuah blog, meskipun hanya sesaat. Contoh kata kunci musiman ini adalah :

          Cara membuat kue lebaran

           Amalan saat bulan ramadhan

Lalu bagaimana cara melakukan riset kata kunci ?

Bagi orang yang baru memiliki blog dan belum pernah melakukan riset kata kunci, ada metode sederhana yang bisa digunakan yaitu metode LSI (Latent Semantic Indexing).

Caranya, kita tinggal mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan topik blog kita di browser Google seperti gambar dibawah ini

Pada contoh diatas, saya mengetikkan kata ” Jual Baju” pada browser. Untuk melihat kata kunci apa yang sering diketikkan terkait dengan kata “jual baju” tersebut, kita bisa scroll sampai browser bagian bawah seperti gambar dibawah ini,

Pada gambar diatas, ada petunjuk (yang saya tandai dengan kotak merah) yaitu penelusuran yang terkait dengan jual baju.

Diantaranya: jual baju online murah dan bagus, baju online murah tanah Abang, dll. Kita bisa menggunakan satu atau dua kata kunci diatas, jika kita akan menulis artikel tentang jual baju di blog kita.

Kita bisa meletakkan kata kunci tersebut pada judul artikel, kemudian 150 kata pada paragraf pertama, di paragraf tengah dan paragraf terakhir.

Agar tidak terkesan monoton karena mengulang kata kunci yang sama, kita bisa menggunakan persamaan dari kata kunci yang kita pilih.

Misal persamaan dari kata kunci baju wanita terkini, maka di paragraf lain kita bisa menggunakan persamaanya yaitu baju perempuan terbaru.

Apakah blog pribadi juga perlu riset kata kunci?

Jika kita ingin ada yang membaca tulisan di blog pribadi kita, saya bilang “Ya kita harus riset kata kunci”. Tapi, jika blog pribadi itu semacam catatan harian dimana Anda tidak berharap ada orang lain yang membacanya, maka tidak perlu riset kata kunci.

Bagaimana apa ada kesulitan riset kata kunci dengan metode LSI diatasi? Jika ada, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar dibawah yaa…:-)

Hai...Silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)