Blogging

Cara Mengirimkan Sitemap dan Submit Url ke Google

Sebenarnya mengirimkan sitemap (peta situs) masih termasuk satu tutorial dengan mendaftarkan blog ke webmaster tools. Saya juga sudah lama membuat tutorialnya.

Tapi beberapa hari lalu, ketika saya mencoba mempraktekkan, ternyata langkah-langkah mengirimkan sitemap ini sudah berubah.

Maka dari itu, tutorial ini saya pisah dari tutorial webmaster tools sebelumnya.

Fungsi mengirimkan sitemap di webmaster tools sendiri adalah untuk memudahkan search engine (google) merayapi halaman yang ada pada blog kita. Oke, langsung saja yaa..

  1. Masuk pada Google Webmaster tools. Untuk lebih mudahnya klik saja link tersebut. Pastikan email terakhir yang Anda pakai sama dengan email untuk daftar google webmaster tools sebelumnya. Maka akan muncul gambar dibawah ini.
  2. Klik alamat blog Anda. Kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini.Cara membuat peta situs
  3. Klik Kesalahan Perayapan. Pada sidebar kiri > Peta situs > Tambahkan peta situs. Seperti gambar dibawah inicara membuat peta situs

Pada kolom disamping alamat blog (saya tunjuk dengan panah merah bagian atas), isi dengan kode sitemap.xml. kemudian klik Kirim.

Selesai. Anda sudah mengirimkan peta situs Anda ke Webmaster Tools.

Masih terkait dengan webmaster Tools, setiap Anda selesai menerbitkan sebuah artikel. Maka submit artikel Anda tersebut ke Google.

Salah satu tujuannya, agar Google lebih mudah mengindeks artikel Anda di mesin pencari. Setidaknya ini adalah langkah pertama diantara puluhan langkah lainnya agar artikel Anda tampil di halaman pertama Mesin Pencari.

Cara Submit url juga sangat mudah. Anda tinggal buka browser lalu masukkan link berikut https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Maka akan muncul gambar dibawah ini. cara submit url

Pada kolom yang ditunjuk dengan panah merah diatas, isi dengan link artikel terbaru Anda. kemudian klik “Saya bukan Robot”, lalu klik “Kirim Permintaan”.

Selesai.

Sesuai peringatan pada laman submit url, maka jangan panik jika ternyata artikel Anda belum muncul di google. Karena Google sendiri tidak menjamin hal itu.

Jadi yang harus kita lakukan adalah terus membuat konten kreatif dan selalu submit url ke Google. Setelah itu banyak berdoa agar Google berbaik hati menunjukkan artikel kita pada pembaca 😉

 

Hai...Tinggalkan komentar disini Temans ;-)