Cara Mengatur Setelan Dasar Blogspot

Artikel ini adalah materi lanjutan dari Artikel Cara Membuat Blog dengan Blogspot. Setelah Anda berhasil membuat blog. Ada beberapa pengaturan dasar yang saya sarankan untuk dilakukan. Diantaranya setting postingan, komentar, dll. Langsung saja yuk ikuti penjelasan dibawah ini.

  • Menambahkan deskripsi blog

Dalam artikel sebelumnya, saya sudah mengulas sedikit tentang deskripsi blog ini. Deskripsi blog adalah gambaran secara singkat mengenai keseluruhan konten yang terdapat dalam bog Anda. Gambaran ini penting karena akan ditampilkan dalam mesin telusur bersamaan dengan alamat blog Anda.

Saran saya, tulis deskripsi yang relevan dengan topik di blog Anda. Tidak perlu terlalu panjang, yang penting mengandung kata kunci dari topik blog Anda.  Misalnya Blog Anda tentang jual hijab maka Anda bisa menggunakan deskripsi seperti contoh dibawah ini.

Jual hijab berkualitas di Samarinda dengan harga terjangkau

Kata kunci utama yang saya gunakan diatas adalah “jual hijab” dan dirangkai dengan kata-kata lain yang menggambarkan blog tersebut.

Untuk membuat deskripsi di blogspot, caranya : Pada dasbor blog > Setelan > Dasar. Pada baris deskripsi klik Edit. Tulis deskripsi Anda di kolom tersebut seperti gambar yang saya tunjuk dengan panah merah dibawah ini. Kemudian “simpan perubahan”.

  • Mengatur setelan postingan dan komentar di blogspot

Caranya, Setelan kemudian klik “Postingan, Komentar dan Berbagi”. Perhatikan gambar dibawah ini.

Anda dapat mengatur jumlah postingan yang tampil atau dibiarkan seperti gambar diatas. Begitupun dengan pengaturan lainnya, Anda dapat mengikuti setelan diatas atau membuat pengaturan sendiri.

Untuk pesan formulir komentar, Anda bisa membuat kalimat sapaan pada pengunjung yang membaca artikel Anda. misalnya dengan kalimat “Hai..silahkan tinggalkan komentar disini” dll sesuai dengan gaya Anda.

Jangan lupa setelah itu klik ” Simpan Setelan” sesuai gambar diatas.

  • Mengatur Zona Waktu

Untuk mengatur zona waktu, caranya klik setelan, kemudian klik Bahasa dan pemformatan. Pada format Zona Waktu seperti pada gambar yang saya beri kotak merah dibawah, klik tanda panah diujung tersebut. Kemudian atur zona waktu sesuai dengan daerah kita. 

Misalnya, Anda tinggal di Pulau Jawa atau Sumatra, Anda bisa memilih GMT (+07.00) Jakarta dst.

Jangan lupa setelah itu, klik ” simpan setelan”.

Itulah beberapa pengaturan dasar di blogspot yang perlu kita lakukan. Semoga bermanfaat 🙂

Hai...Silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)