Tips Bisnis

​Mengatasi Penyewa Kos yang Susah Bayar. Coba Trik Berikut Ini

23 November 2018

Bisnis rumah kos menjadi usaha yang cukup menjanjikan sampai kapan pun. Apalagi jika letak rumah kos tersebut berada di kawasan yang strategis. Seperti dekat kampus, area perkantoran, dekat pabrik dan lain-lain.

Namun seperti halnya bisnis lainnya, bisnis kos-kosan ini juga memiliki beberapa permasalahan. Salah satu masalah yang biasa dihadapi pengelola kos adalah sulitnya penyewa kos membayar biaya kos tepat waktu. Kadang malah menunggak sampai beberapa bulan. Padahal di sisi lain, pengelolaan kos juga membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit.

Baca yuk! : Pengalaman Saya Mengelola Kos, Mulai masalah telat bayar hingga diancam via SMS.

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut?

Berdasarkan pengalaman penulis, beberapa trik berikut ini bisa Anda coba terapkan pada usaha rumah kos Anda.

1. Perjanjian sebelum menyewa kos

Sebelum menyewa kos biasanya saya memberikan lembar peraturan sekaligus perjanjian yang harus di tanda tangani calon penyewa kos.

Peraturan tersebut termasuk tanggal pembayaran, batas maksimal pembayaran maupun keringanan pembayaran.

2. Memberi kelonggaran pembayaran

Setiap penyewa kos tentu memiliki tingkat ekonomi dan kondisi yang berbeda. Kita pun sebagai pengelola harus memahami kondisi tsb.

Terkadang ada penyewa kos yang biasanya membayar tepat waktu tapi karena keadaan tertentu terlambat membayar kos. Maka penting memberi keringanan batas maksimal pembayaran.

Mengatasi anak kos susah bayar

Saya pribadi biasa memberi keringanan 1 minggu setelah jatuh tempo pembayaran. Itupun saya wanti-wanti agar tidak terlalu sering terlambat sampai 7 hari. Karena jika terlalu sering bila diakumulasi keterlambatan tersebut bisa sampai 1 bulan.

Ini dia Cara Mengelola Bisnis Kos yang Aman dan Menguntungkan

3. Kenali karakter penyewa kos

Jangan langsung percaya dengan sikap yang ditunjukkan calon penyewa kos saat pertama kali bertemu. Seringkali itu kurang akurat.

Keinginan untuk diterima di kos baru membuat sebagian calon penyewa kos menunjukkan perilaku dan perkataan yang baik dihadapan pengelola kos.

Karakter penyewa kos yang sebenarnya (terutama masalah pembayaran) akan terlihat saat pembayaran kos berikutnya.

Masalah keterlambatan membayar kos, menurut pengamatan saya tidak mutlak masalah finansial dari penyewa kos. Faktor lain terkait karakter penyewa kos juga mempengaruhi.

Jika karakter penyewa kos tsb bertanggung jawab biasanya ia akan mengusahakan membayar tepat waktu. Jika tidak, maka ia akan mengorfimasi terlebih dulu pada pengelola kos mengenai keterlambatannya.

Tapi jika karakter penyewa kos tersebut sebaliknya, maka meskipun ia memiliki uang untuk membayar kos pun ia akan menunda untuk membayar kos tepat waktu.

Mengenali karakter setiap penyewa kos penting agar kita bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait pembayaran kos.

4. Konsisten menegakkan peraturan

Peraturan kos dibuat untuk ditaati baik oleh pengelola kos maupun penyewanya. Tokh semua itu semata-mata demi ketertiban dan kenyamanan kedua belah pihak.

Maka jika ada yang melanggar terkait aturan pembayaran kos, sudah seharusnya diberi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca juga : Kerja di Media Sosial Bermodal Ponsel dan Kuota

Sebagai pengelola kos juga jangan sampai pilih kasih apalagi moody.  Artinya peraturan tsb mestinya berlaku untuk semua penyewa kos tanpa terkecuali dan dalam kondisi apapun.

Jika pengelola kos lemah dalam menegakkan peraturan terutama dalam masalah pembayaran, maka tidak menutup kemungkinan masalah keuangan kos akan menjadi masalah besar di kemudian hari. Jika demikian maka bisa mengancam berlangsungnya usaha kos itu sendiri.

Usaha kos menjadi bisnis yang menguntungkan ketika tingkat okupansi tinggi dengan pembayaran sewa minim masalah.

Bagaimana Teman? Anda punya trik lain mengatasi anak kos yang sering telat membayar? Diskusi di kolom komentar yuk!

Jangan lupa share artikel ini yaa siapa tau artikel ini bermanfaat untuk orang-orang di sekitar Anda 😘

Only registered users can comment.

  1. Hai mbak..aku jg punya kos2an. Kadang ada yang super duper lancar jaya bayarnya kadang ada yang banyak macetnya. Cuma aku gak brani nulis di blog..anak kosku suka baca blogku..haha

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!