Blogging

Hindari Plagiarisme di Blog Dengan Cara Berikut Ini

Bagaimana reaksi Anda, ketika artikel di blog yang Anda tulis dengan susah payah muncul di blog orang lain? Tanpa adanya backlink ke blog Anda maupun mencantumkan nama Anda sebagai penulis artikel tersebut. Hal yang lumrah jika Anda marah, kecewa dan sedih. Saya pun pasti demikian.

Tindakan negatif diatas disebut plagiarisme. Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah tindakan mengambil karangan, pendapat dan lain-lain dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan sendiri (Wikipedia).

Untuk menghindari plagiarism terhadap artikel di blog Anda, Anda bisa menginstall plugin wp-copyprotect bagi pengguna wordpress self-hosted seperti mutiadiwan.com ini. Dengan plugin tersebut, otomatis klik kanan mouse tidak akan berfungsi lagi. Sehingga artikel Anda akan aman dari tindakan copy-paste yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Baca : Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster Tools

Sedangkan bagi pengguna platform blogger/blogspot, Anda bisa menggunakan script html yang disisipkan pada template blog Anda. Banyak kok tutorial yang membahas tentang hal ini. Anda tinggal meng-copy kode tersebut lalu menanamnya di blog Anda.

Jika kita sudah mencegah orang lain menjiplak artikel kita dengan cara diatas. Maka tugas kita selanjutnya sebagai penulis yang bertanggung jawab juga harus melakukan tindakan serupa. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tools anti plagiarisme berikut ini.

  1. Tulis artikel Anda pada Microsoft word atau langsung di blog Anda. Kemudian copy seluruh artikel Anda kemudian buka Tools Anti Plagiarisme dan paste-kan artikel Anda pada kolom yang sudah disediakan seperti contoh berikut ini.

Panjang artikel yang bisa dicek maksimal 1000 kata. Jadi jika artikel Anda lebih dari 1000 kata, Anda bisa cek plagiarism 2x.

  1. Scrool kebawah lalu Centang pemindai robot. Tunggu beberapa saat jika berhasil klik “check plagiarism” di bagian bawah.

 

  1. Lihat hasil pengecekan tersebut pada kolom dibawahnya.

Jika hasil artikel Anda menunjukkan 100% unik dan 0% plagiarisme. Berarti artikel Anda dinilai lolos plagiarism. Jadi Anda bisa mempublikasikan artikel tersebut. Akan tetapi, jika pengecekan tersebut menunjukkan keterangan misalnya 89% unik dan 11% plagiarism seperti contoh diatas. Berarti Anda harus mengubah beberapa kalimat yang dinilai mengandung unsur plagiarisme.

Baca : 4 Aplikasi Wajib Smartphone Blogger

Misalnya kalimat diatas yang dianggap plagiarisme adalah ” Menurut Wikipedia, Plagiarisme atau plagiat adalah tindakan mengambil karangan, pendapat…”. Kemudian saya mengubahnya menjadi kalimat seperti ini “…Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah tindakan mengambil karangan, pendapat dan lain-lain dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan sendiri (Wikipedia)”. 

Setelah mengubah kalimat tersebut, saya mengecek kembali dengan tools yang sama. Hasilnya artikel ini 0% plagiarism dan 100% unik. Lihat gambar dibawah ini.

Saya pribadi selalu menggunakan tools ini ketika membuat artikel apapun. Bahkan jika artikel tersebut berisi pengalaman maupun cerita pribadi yang kemungkinannya kecil menyerupai artikel orang lain pun saya tetap menggunakan tools ini.

Kesimpulan :

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari tindakan plagiarism di blog Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin wp-copyprotect bagi pengguna wordpress self-hosted dan script html bagi pengguna blogpspot. Sedangkan untuk menghindari artikel Anda menyerupai artikel orang lain, Anda bisa menggunakan tools anti plagiarism seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan mengispirasi Anda 🙂

 

11 thoughts on “Hindari Plagiarisme di Blog Dengan Cara Berikut Ini”

  1. Kalo wpcopy protect aku pasang mba di blogku :). Tp tool yg mencek ttg plagit, aku blm prnh coba.. Slama ini mikirnya udh pasti ga ada yg sama krn toh ini semua pengalamanku sendiri.. Abis baca postinganmu, aku jd mikir, bener juga yaa, bisa jd ada beberapa kata yg mungkin aku g sadar kebawa dr cara menulis penulis2 favoritku :).. Next sebelum posting aku mau cek di tool itu juga mba 🙂

    1. Saya dulu mikirnya juga gitu Bu, “masak tulisan dari pengalaman sendiri ada yang nyamain”. Eh sekalinya pas cek pada tools tersebut hasilnya belum 100% unik :).

  2. Sayapun selalun menggunakan tools anti plagiat ini, cukup banya membantu untuk menghindari plagiat dari pada artikel artikel yang telah kita tulis.

    Ini menunjukkan keseriusan kita dalam membuat artikel sehingga hasilnya akan menjadi artikel yang unik.

  3. Mau coba ah…kadang aku mikir masa iya tulisanku bakalan dicopas sama orang lain secara rasanya udah beda aja dg yg lain hihihi..dan tingkat keunikan yg tinggi bikin seneng hati ya saat menulisnya…

  4. Terima kasih ya mba mutia,,aku baru coba pake ini dan ternyata di ke 3 tulisanku semua lolos anti plagiarism..100% unique..bermanfaat banget..

Hai...Tinggalkan komentar disini Temans ;-)