Cara Mempercantik Blog dengan Tema Blogspot

Tema/template dalam sebuah blog adalah ibarat baju bagi manusia. Pertama kali orang melihat kita, mereka akan menilai penampilan kita. Begitupun dengan blog. Loh kok bisa?

Saat orang pertama kali masuk blog kita, yang diperhatikan pengunjung adalah tampilan blog kita. Maka dari itu, pilih template dengan kombinasi warna cerah dan tidak mencolok. Agar pengunjung betah di blog kita.

Jika menggunakan latar belakang gambar, hindari penggunaan gambar yang terlalu ramai. Jangan lupa, setting template yang mobile friendly. Agar pengguna smartphone bisa mengakses blog Anda tanpa hambatan yang berarti.

Bagi Anda yang baru mengenal blogspot, saya sarankan untuk menahan diri mengganti template diluar blogspot. Karena jika belum terampil, alih-alih tampilan blog kita menjadi cantik. Yang ada tampilannya malah menjadi berantakan.

Untuk mengatur tema blogspot, Anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

  1. Masuk dasbor blog, kemudian klik Tema.  Seperti gambar dibawah ini.

  1. Ada banyak tema/template yang bisa Anda pilih. Mulai dari Contempo sampai tema Perjalanan dll.

  1. Klik pada gambar tema yang dipilih. Dalam tutorial ini, Penulis memilih tema Kelembutan. Maka akan muncul gambar dibawah ini.

  1. Klik “Sesuaikan”, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. Jika sebelumnya sudah memilih tema, maka lewati setting Tema. Untuk Latar belakang tampilan, pilih warna yang Anda inginkan.

Jika ingin menambahkan latar belakang, Anda bisa memilih puluhan gambar latar yang telah disediakan oleh blogspot. Asyik bukan?

Untuk setting Sesuaikan Lebar Tata Letak, Anda bisa mengotak-atik sendiri atau mengabaikannya.

  1. Untuk setting Lanjutan, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. Setting lanjutan ini untuk mengatur font dan warna huruf baik postingan, link, header, dll.

Jika sudah selesai pengaturannya, klik “Terapkan”.

  1. Untuk mengatur tema seluler agar blog kita mobile friendly, maka kita bisa kembali pada setting Tema di awal. Seperti gambar dibawah ini.

Klik tanda Gerigi dibawah tema seluler. Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Klik pada pilihan pertama :

• Ya. Tampilkan tema seluler di perangkat seluler. Tampilan seluler akan berubah seperti gambar dibawah ini.

Kemudian klik ” Simpan”. Untuk melihat tampilan blog Anda, silahkan klik “Lihat Blog” pada dasbor blog.

Bagaimana mudah bukan cara mempercantik blog Anda? 🙂

Hai...Silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)