Blogging

Cara Memotong Artikel Agar Menarik

Umumnya pada halaman depan sebuah blog ada beberapa artikel  yang disajikan oleh pemilik blognya. Tapi untuk menyajikan beberapa artikel tersebut kita harus menyajikan ringkasan/cuplikan dari tiap artikel tsb. Mengapa demikian? Karena jika Anda menyajikannya setiap artikel tsb secara utuh akan membuat pengunjung cepat bosan dan merasa lelah mencari artikel yang dibutuhkan di blog Anda. Lalu bagaimana caranya?Untuk memotong atau membuat cuplikan/ringkasan dalam sebuah artikel, Anda bisa menggunakan fitur yang ada di blogspot sesuai gambar berikut ini :

Caranya :

  1. Tempatkan kursor pada tulisan yang ingin Anda potong seperti yang saya beri tanda panah merah diatas.
  2. Kemudian klik ikon disamping ikon emoji yang sudah saya beri kotak merah dan tanda panah. Maka akan muncul tanda garis putus-putus seperti gambar dibawah ini.

  1. Klik “Perbarui” atau “Publikasikan” jika Anda baru membuat artikel.
  2. Lihat hasilnya pada blog Anda seperti gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas, tampilan artikel yang awalnya disajikan secara utuh sekarang berupa cuplikan awalnya saja. Apabila pengunjung ingin membaca artikel tersebut, tinggal mengklik tanda “Baca Selengkapnya”.

Apakah tulisan “Baca Selengkapnya”  bisa diganti dengan kalimat lain?

Sayangnya kalau menggunakan fitur tersebut tidak bisa. Jika blog kita sudah kita setting menggunakan bahasa Indonesia, maka tulisan tersebut akan otomatis keluar saat menggunakan fitur tersebut.

Sebenarnya ada kode html yang bisa kita sematkan di template untuk mengganti tulisan “baca selengkapnya” tersebut. Tapi saya tidak sarankan cara itu jika Anda baru belajar dan mengenal blog. Karena jika belum mahir, blog Anda bisa eror karena kesalahan dalam edit template.

Sebelum memotong artikel Anda, pastikan paragraf yang dijadikan cuplikan itu merupakan kalimat yang menarik, yang membuat penasaran pengunjung blog Anda untuk membaca artikel tersebut lebih jauh lagi. Jika tidak, maka pengunjung hanya akan membaca halaman depan Anda kemudian keluar lagi. Anda pasti gak mau itu terjadi kan? 😉

Oke, Semoga Artikel ini bermanfaat yaa. Jika ada kesulitan silahkan bertanya di kolom komentar.

 

 

1 thought on “Cara Memotong Artikel Agar Menarik”

Hai...Tinggalkan komentar disini Temans ;-)