Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Bagi Anda yang baru saja ingin membuat blog, ada baiknya Anda menggunakan platform blog yang gratis dulu seperti blogspot dan wordpress. Sebagian orang menyarankan Blogger pemula untuk menggunakan platform blogspot dari pada wordpress. Karena pengaturannya lebih simple dan mudah dipahami. Untuk membuat blog dengan platform blogspot ini minimal Anda harus menggunakan Netbook. Oke siap membuat blog pertama Anda? Silahkan ikuti tutorial dibawah ini :

  1. Pastikan Anda sudah akun Gmail terlebih dahulu. Jika belum punya silahkan Buat akun dulu.
  2. Masuk ke www.blogger.com. Maka Anda akan masuk halaman seperti dibawah ini.
  3. Klik BUAT BLOG

  1. Anda akan diminta untuk memasukkan Email Anda terlebih dahulu. Untuk 1 email ini Anda bisa membuat beberapa Blog sekaligus.
  2. Klik “Berikutnya”

  1. Masukkan Pasword Email Anda.
  2. Klik “Masuk”

Anda akan dibawa pada Halaman Daftar Blog – Buat Blog Baru

Keterangan :

  1. Judul                : Isi dengan judul Blog yang Anda inginkan. Misal Borneo Blog
  2. Alamat Blog     : Isi dengan alamat blog yang Anda inginkan dan belum tersedia. Jika alamat blog yang Anda inginkan sudah digunakan orang lain maka akan ada tulisan dibawah kolom tsb bahwa “ Alamat tidak tersedia”. Jika alamat blog yang anda inginkan disetujui akan ada tulisan “ Alamat Blog tersedia”
  3. Template Blog  : Pilih desain blog yang Anda inginkan. Pilih sembarang template karena nantinya Anda bisa merubahnya lagi pada pengaturan Template.
  4. Klik “Buat blog”

Selanjutnya Anda akan dibawa pada halaman Dasbor blog Anda seperti gambar dibawah ini :

Pada halaman Dasbor ini Anda bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan blog Anda seperti menulis postingan/artikel, melihat statistic blog Anda, memoderasi komentar yang masuk, mempromosikan blog Anda, dll. Tapi untuk saat ini Anda perlu membuat pengaturan dasar blog Anda.

  1. KLIK “Setelan” Klik lagi “Dasar”

  1. Klik Edit pada Deskripsi. Tulis deskripsi blog Anda seperti gambar dibawah ini :

Tulis deskripsi blog Anda maksimal 150 kata. Deskripsi blog yang terlalu panjang biasanya akan ditampilkan secara terpotong pada mesin pencari. Untuk menghitung jumlah kata pada deskripsi tersebut, Anda bisa menggunakan tools id.wordcounter360.com.

  1. Jangan lupa “Simpan Perubahan”. Untuk pengaturan lainnya Anda bisa mengaturnya nanti sambil belajar tutorial lainnya. Pada tahap ini Anda sudah resmi memiliki sebuah blog. Langkah selanjutnya adalah membuat Artikel Pertama Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

About Mutia Faridah 23 Articles
Hai Saya Mutia Faridah... Saya Ibu Rumah Tangga yang sedang belajar tentang bisnis, keuangan dan investasi. Untuk berkenalan dan menjalin kerjasama dengan saya, Anda bisa menghubungi email saya crafeltsamarinda@gmail.com.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan