cara jualan di facebook
Tips Bisnis

Jualan di Facebook ? Perhatikan 3 (Tiga) Hal Penting Ini

26 January 2018

Jumlah pengguna facebook di Indonesia merupakan jumlah pengguna ke-empat terbanyak di dunia. Yaitu sekitar 115 juta orang. Bahkan dibanding pengguna media sosial lain, jumlah pengguna facebook masih jauh lebih unggul.

Instagram contohnya, media sosial dibawah kepemilikan yang sama dengan facebook ini memiliki pengguna 45 juta per bulannya.

Meskipun kelahiran facebook lebih dahulu dari pada instagram, tapi fakta bahwa jumlah pengguna facebook lebih banyak juga tidak bisa dipungkiri.

Mengenai penggunaan facebook sebagai media marketing, sebenarnya facebook sudah melarang hal itu. Sebagai gantinya, pihak facebook menyediakan fitur khusus untuk bisnis yaitu fanpage.

Meskipun demikian larangan facebook tersebut sepertinya tidak diiringi dengan tindakan tegas. Jadi kesannya sah-sah saja jika facebook digunakan sebagai media marketing bisnis penggunanya.

Lalu apa yang yang harus diperhatikan saat kita menggunakan akun facebook sebagai media marketing/jualan?

1. Personal branding

Personal branding adalah gambaran/ciri khas yang melekat pada diri seseorang. Ciri khas tersebut biasanya dikaitkan dengan keahlian tertentu, passion, maupun profesi yang bersangkutan.

Jika profesi kita adalah penjual produk A di facebook. Maka update status kita juga harus konsisten berkaitan dengan produk tersebut.

Disamping itu, usahakan menjadi pribadi yang menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan  membalas secepatnya setiap komentar pada status kita.

Luangkan juga waktu untuk bertinteraksi dengan pengguna lain dengan cara membaca dan menanggapi status mereka. Misalnya dengan memberi like atau berkomentar pada statusnya.

Hindari memposting status curhat dan sejenisnya yang bisa mengaburkan upaya branding kita. Selain itu, sebaiknya tidak men-tag teman facebook lain saat kita mempromosikan produk kita,

Alih-alih tertarik dengan produk yang kita promosikan. Mereka akan risih dan bisa jadi akan memblokir akun kita.

Membangun personal branding kita di facebook itu penting. Karena mayoritas orang membeli produk adalah karena penjualnya.

Ketika mereka yakin penjualnya bisa dipercaya maka kemungkinan mereka akan membeli produk yang ditawarkan akan semakin meningkat.

Nah kepercayaan itu akan kita dapatkan jika kita secara konsisten melakukan personal branding di facebook.

2. Temukan target market yang tepat

Target market adalah orang-orang yang kemungkinan akan tertarik maupun membeli produk yang kita tawarkan.

cara jualan di facebook
Facebook memberi kita kesempatan memiliki 5000 daftar teman. Alangkah baiknya jika jumlah tersebut diisi oleh target market yang relevan dengan produk kita. Jadi peluang closing untuk setiap promosi produk yang kita lakukan pun akan semakin besar.

Adapun mengenai cara menemukan target market tersebut, penulis sudah membuat artikel khusus tentang cara mencari target market di facebook.

3. Buat status semenarik mungkin

Status di facebook itu berfungsi layaknya iklan untuk produk kita. Menarik atau tidaknya status iklan yang kita posting akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk kita atau  mengabaikannya.

Ilmu yang berkaitan dengan hal tersebut dinamakan copywriting. Yaitu sebuah teknik membuat tulisan yang menarik pembaca untuk memberikan respon yang kita inginkan. Misalnya, bertanya lebih lanjut tentang produk kita hingga membeli produk yang kita promosikan.

Salah satu teknik yang dipelajari dalam copywrting adalah bagaimana membuat headline (judul) yang menarik. Mengapa headline penting? Karena tulisan yang pertama kali dibaca orang adalah headline tulisan kita.

Jika headline tulisan kita menarik, kemungkinan orang akan membaca lebih lanjut tulisan kita. Dan sebaliknya, orang akan mengabaikan tulisan kita, jika headline yang kita buat kurang menarik.

Contoh :

A. Manfaat produk pelangsing A

B. Produk ini terbukti mampu menurunkan berat badan Anda 3 kg/bulan

Diantara contoh 2 (dua) headline diatas, mana yang membuat Anda penasaran? Pasti yang B kan?

Jika orang membaca headline A, kemungkinan orang akan bergumam “namanya produk pelangsing, manfaatnya ya pasti melangsingkan..”.

Jika orang membaca headline B, orang akan mengernyitkan dahi sambil bergumam “Ah masak sih? produk apa yang bisa kayak gitu?”.

cara jualan di facebookBerawal dari rasa penasaran, mereka akan membaca lebih lanjut informasi mengenai produk tersebut. Dan bisa jadi terjadilah closing.

Ada banyak teknik lagi yang bisa kita pelajari dalam copywriting.

Jika kita ingin  membuat status menarik yang mengundang banjir order hanya dengan berjualan di facebook. Maka belajar membuat copywriting yang bagus adalah sebuah keharusan.

Lalu harus belajar dari mana? Dari internet?

Ya banyak artikel yang membahas teknik copywriting di internet. Tapi akan jauh lebih efektif  jika kita belajar langsung dari ahlinya. Sebagai informasi, ada kelas copywriting yang secara periodik diadakan oleh Mba Maylisa syafril

Kelas tersebut akan diadakan secara interaktif melalui media chatting Whatsapp. Apa saja keuntungan yang kita dapatkan dari kelas ini?

  • Setiap peserta akan mendapatkan full materi copywriting dalam waktu 1 bulan
  • Setiap peserta akan dibimbing dan diarahkan oleh mentor untuk praktek membuat status iklan yang menarik
  • Peserta akan dibagi dalam kelompok kecil dan setiap kelompok akan diberi seorang pendamping
  • Investasi terjangkau

Jangan lewatkan kesempatan untuk melipat gandakan keuntungan jualan Anda di facebook. Jadi segera amankan seat anda di kelas tersebut dengan menghubungi mentornya langsung  Mba Maylisa Syafril dengan cara klik link berikut ini http://Bit.ly/CwMelly

Bagaimana Temans, ada tips lainnya untuk berjualan di facebook? sharing yuk di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat Temans 😉

Hai...Thanks ya sudah berkunjung, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)