Peluang Bisnis

#CerdasdenganUangmu Peluang di Media Sosial Ini Bisa Menambah Penghasilan Lho!

15 Desember 2018

Hari gini siapa yang nggak mau memiliki penghasilan bermodal ponsel dan kuota. Apalagi kalau kerjanya sambil buka media sosial. Ibarat pepatah sambil menyelam minum air. Sambil buka media sosial tapi tetap gajian. Tapi apa profesi yang bikin #cerdasdenganuangmu? Apa saja pekerjaanya dan bagaimana tips mendapatkan pekerjaan tersebut, simak penjelasannya dibawah ini.

Peluang Pekerjaan di Media Sosial

 
Menurut data We Are Social, dari 260 juta penduduk Indonesia 130 juta diantaranya merupakan pengguna aktif media sosial. Mulai dari facebook, twitter, whattsapp hingga instagram. Penggunaannya juga beragam mulai dari sekedar untuk have fun hingga branding perusahaan, online shop maupun instansi. Beragamnya pengguna media sosial tersebut juga memunculkan sejumlah peluang #cerdasdenganuangmu yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya dengan menjadi admin media sosial.

infografis pengguna media sosial (Sumber data : tekno.kompas.com)[/caption]

Profesi admin media sosial yang kerap dipanggil “mimin” ini layaknya seorang public relation. Ia bertanggung atas citra klien/brand yang dikelolanya di media sosial. Terkadang ia juga merangkap sebagai media social strategic dimana tugasnya tidak hanya berinteraksi dengan customer tapi juga menentukan materi konten branding di media sosial.

Seperti halnya pekerjaan di dunia maya lainnya bermodal ponsel, modal untuk menjadi admin sosial pun demikian. Selain itu tentu kuota internet serta ilmu marketing dan komunikasi di sosial media. 

Pekerjaan sampingan lainnya bermodal ponsel yang bisa bikin #cerdasdenganuangmu bisa dibaca di sini.

Adapun besarnya honor admin sosial media freelance tergantung tiga hal. Pertama, kesepakatan kedua belah pihak. Kedua, ruang lingkup kerjanya. Apakah murni menjadi admin tanpa membuat konten atau admin sekaligus kreator konten. Ketiga, jenis media sosial yang dikelola. Sebagai gambaran mengelola akun instagram membutuhkan kuota lebih besar dari lainnya. Ketrampilan yang dibutuhkan untuk membuat konten gambar atau video pun lebih tinggi.

Tertarik menjadi admin media sosial? Jangan tutup halaman ini dulu, Teman. Inilah beberapa tugas yang biasa dikerjakan seorang admin media sosial.

Setiap media sosial memiliki karakteristik masing-masing. Dari segi caption misalnya, konten dengan teks panjang sesuai dengan karakteristik facebook. Instagram lebih menonjolkan konten visual dan twitter memiliki pola caption dengan jumlah karakter sedikit.

#cerdasdenganuangmu admin media sosial
(Sumber gambar : Pixabay)

Seorang admin media sosial bisa membuat perencanaan konten untuk seminggu kedepan. Tapi tidak menutup kemungkinan harus membuat konten harian jika klien bisa menyediakan materinya tiap hari

Perencanaan konten penting agar strategi marketing yang diterapkan lebih tertarget. Apalagi jika menjadi admin media instagram. Merencanakan konten menjadi wajib karena tuntutan membuat feed istagram se-rapi dan secantik mungkin untuk menarik lebih banyak target audience.

Baca juga :  Tips Berjualan di Media Sosial Facebook agar Laris Manis

Konten di media sosial umumnya berupa teks (caption), gambar maupun video. Membuat caption menarik dan menyiapkan konten gambar maupun video terkait produk atau jasa yang dikelolanya juga merupakan tugas admin media sosial. Disisi inilah seorang admin media sosial merangkap menjadi creator content. Meski terkadang ada brand/klien yang memilki tim creator content sendiri tapi biasanya seorang admin media sosial juga dituntut memiliki ketrampilan tersebut.

Prime time dikenal sebagai istilah jam potensial dimana pengguna media sosial sedang aktif. Setiap media sosial memiliki prime time yang berbeda. Seorang admin harus mengetahui hal tersebut untuk memposting konten yang sudah disiapkan agar mendapatkan engagement sesuai yang ditargetkan.

Memanfaatkan fitur sheduled post juga cukup efektif. Akan tetapi hingga saat ini hanya fanpage di facebook yang memiliki fitur bawaan tersebut. Media sosial lainnya harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk scheduled post baik yang gratis maupun berbayar.

Merespon komentar, membalas pesan yang masuk serta memantau engagement konten akun yang dikelolanya merupakan tugas monitoring seorang admin media sosial. Meningkatkan kepercayaan akun yang dikelola melalui interaksi dengan follower juga biasa dilakukan sang mimin. Termasuk diantaranya melakukan like, komentar serta follow secara berkala agar eksistensi akun tetap terjaga dan naik edge ranknya.

Masih mau #cerdasdenganuangmu melalui profesi admin media sosial? Yuk ikuti tips berikut ini

 

 

Yap! aktif di media sosial saja tidak cukup untuk menjadi admin media sosial. Memiliki ketertarikan pada dunia marketing media sosial juga wajib hukumnya. Dengan demikian kita merasa termotivasi untuk mencari tahu lebih jauh tentang hal tersebut. Gimana sih cara membuat konten yang disukai audience? Gimana cara membuat caption yang menarik? dan lain-lain.

Banyak materi media social marketing yang bertebaran di internet. Tapi akan lebih baik lagi jika Anda bisa belajar langsung dari ahlinya. Saat ini banyak kok kursus online tentang facebook marketing, optimasi instagram dan lain-lain yang bisa diikuti. Kita bisa searching di google maupun di media sosial. Mengenai nilai investasinya tentu harus disesuaikan dengan budget dan seberapa banyak materi yang kita peroleh.

Tunjukkan pada dunia maya bahwa kita memiliki ketrampilan sebagai admin media sosial. Buat konten dan update secara berkala mengenai keahlian kita di bidang tersebut. Jangan lupa melakukan setting profil sesuai target branding kita. Cara tersebut juga akan memudahkan klien dalam menemukan kita.

Klik Disini : Bersedekah di Media Sosial? Bagaimana Caranya?

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai admin, Anda bisa membuat thread penawaran jasa di forum online seperti Kaskus dan lain-lain mengenai ketrampilan yang Anda miliki. Beberapa orang juga memasang iklan mencari admin media sosial di instagram maupun facebook. Tidak ada salahnya Anda mencoba mencari lowongan tersebut dengan mengetik hashtag terkait.

 Semoga bermanfaat, Teman.

Referensi tulisan : Bermodalkan Ponsel, Ini 4 Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan

Only registered users can comment.

  1. Sangat minat menjadi admin sosmed, tapi melihat tugas tugas nya, saya tunda dulu deh. Krn masih mengurus 2 balita. Untuk merencanakan konten dan membuat konten insyaallah masih bisa, tapi tugas posting konten saat primetime yang ga bisa, karena itu juga primetime anak-anak belajar dan bermain bersama saya.. Mungkin lebih pas masuk di tim kreator medsos kali ya…. Mba Mutia boleh dong aja saya gabung. … 😊

  2. Aku pernah pegang IG sebuah produk, Mbak. Dan ternyata nggak seenteng yang kubayangkan karena harus membuat konten yang padat, pendek dan menarik. Duh, setelah 1 tahun nyerah aku. Sekarang menikmati menulis artikel saja, hehehe. Dasarnya suka nulis panjang, jadi kalau nulis pendek mikirnya butuh dobel.

  3. Jadi beginilah pekerjaan di balik layar suatu akun bisnis. Pada mulanya saya tak paham, kirain orang perusahaan yang kelola, ternyata ada narablog yang bekerja di belakangnya. Saya salut dengan pekerjaan demikian. 🙂
    Kalau saya mah mana bisa jadi admin. Gak begitu paham segi teknis seperti yang dituliskan di atas. Nyimak saja, Mbak. Salam kenal dan makasih sudah ikuti saya di Twitter. 🙂

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!