cara beli domain dan memasang di blog
Blogging

Cara Membeli Domain dan Memasangnya di Blog

9 December 2017

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas pentingnya memiliki domain sendiri untuk blog maupun website. Langkah selanjutnya adalah membeli domain pada penyedia domain.

Sebelum membeli domain, kita harus memilih terlebih dahulu domain apa yang akan kita gunakan. Jika anda masih bingung menentukan nama domain, tips berikut ini semoga bisa mengurangi kebingungan Anda.

1. Pilih domain yang singkat, mudah diingat, dieja dan diketik

Anda bisa menggunakan nama sendiri atau topik di blog sebagai domain. Selain itu, Anda juga bisa memilih nama khusus sebagai branding blog atau website Anda.

Contoh domain khusus sebagai branding adalah Google.co.id, facebook.com dan lain-lain

Pastikan nama domain yang dipilih mudah diingat, dieja dan diketik. Lebih bagus lagi, kalo nama domainnya unik. Dengan demikian, akan mudah diingat orang. Kita pun juga tidak kesulitan menjelaskan ketika orang bertanya nama blog kita.

Domain yang memenuhi kriteria diatas misalnya : kayumanis, daunjati, dan lain-lain. Sedangkan contoh domain yang sebaiknya dihindari seperti : xyugrthd.com

2. Pilih Top Level Domain yang umum seperti .com atau .net atau jenis ccTLD seperti .id

Sedikit cerita pengalaman saya membeli domain promo selain .com/.net. Ada pengunjung di blog saya yang berkomentar bahwa dia merasa aneh dengan domain yang saya gunakan. Kok ada domain kayak gitu.katanya.

Itu adalah contoh yang bisa jadi pertimbangan untuk tidak ditiru. Orang mungkin penasaran dengan domain yang gak umum kemudian mengunjungi blog kita.

Tapi bisa jadi, justru malah merasa aneh diawal kemudian sama sekali gak mau mengunjungi blog kita. Kita juga kan yang rugi? 🙂

3. Jangan meniru nama domain yang sudah terkenal

Misalnya karena ingin mendompleng domain Yahoo, kita daftarkan domain yang mirip dengan itu. Misalnya : nyahoo.com. Atau ingin meniru Google jadi mbahgoogle.com.

Semua itu sebaiknya dihindari.

Alih-alih blog kita jadi terkenal, bagaimana jika tiba-tiba ada surat tuntutan pelanggaran hak paten yang dialamatkan ke rumah kita. Gara-gara kita dianggap meniru domain mereka. Bisa berabe kan?

Cara membeli Domain

Setelah nama domain sudah disiapkan, saatnya mengunjungi penyedia domain. Pada artikel sebelumnya, saya sudah rekomendasikan 2 (dua) tempat dimana saya pernah membeli domain. Yaitu rumahweb.com atau jagoanhosting.com.

Baca juga : Pengertian domain dan hal-hal yang terkait dengan domain

Di rumahweb, harga domain .com-nya lebih murah dari pada di jagoan hosting. Sedangkan di Jagoan hosting, meski harganya sedikit lebih mahal. Tapi situs ini sering mengadakan promo .com murah.

Cara membeli domain pun cukup mudah. Kita tinggal mengunjungi penyedia domain, kemudian mengetikkan domain yang ingin kita beli di situs tersebut.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa langsung chatting dengan customer service online-nya dan memesan domain yang ingin Anda beli.

Dalam tutorial kali ini, penulis memberikan contoh cara membeli domain di jagoanhosting.com. Karena kebetulan bulan November kemarin penulis membeli domain di tempat tersebut dan mendokumentasikan tahapan-tahapannya.

cara membeli domain dan memasang di blog

Gambar diatas adalah contoh kalau kita membeli domain di Jagoan hosting. Pada halaman depan situs tersebut, sudah langsung terpampang list domain beserta harganya (belum termasuk PPN 10%).

Keterangan gambar :

  1. Ketik nama domain yang anda inginkan di kolom yang saya tunjuk denga panah biru. Contoh domain yang saya cari : taktentuang.
  2. Pilih jenis domain dengan meng-klik tanda panah sebelah .com untuk mencari jenis domain lainnya.
  3. Klik untuk melakukan pencarian.

Jika Anda ingin pesan domain via chat dengan Customer Service maka tinggal klik “Dapatkan Informasi disini” pada bagian bawah website.

Selanjutnya tinggal mengikuti arahan dari customer servicenya. Detail invoicenya biasanya akan dikirimkan via email kita secara langsung.

Cara Memasang Domain di Blogspot

Setelah kita membeli domain, segera lakukan pembayaran invoicenya sebelum jatuh tempo. Setelah itu jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran pada customer servicenya. Baik via email maupun chat langsung.

Jika domain sudah diaktifkan oleh penyedia domain, maka inilah saatnya Anda memasangnya di blog Anda. Untuk itu silahkan ikuti panduan tutorial dibawah ini berdasarkan referensi di jagoan hosting :

1. Cek inbox email terlebih dahulu. Biasanya ada 2 email terkait domain yang kita beli

Pertama, email terkait konfirmasi registrasi domain. Email lainnya, semacam perintah untuk mem-verifikasi domain. Untuk yang kedua, kita tinggal klik tautan yang dilampirkan pada email tersebut.

2. Login ke Jagoan hosting, gunakan email dan password saat membeli domain

Jika pembelian domain via chat, biasanya password email login akan dikirim via email. Lalu Anda akan masuk dashboard pengaturan domain. Kemudian klik Domains, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

cara membeli domain dan memasangnya di blogspot

Perhatikan pada gambar sebelah kanan, klik pada gambar panah ke bawah kemudian klik manage domain. Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini.

cara membeli domain dan memasangnya di blog

Klik “Managements Tools” kemudian klik “Blogspot Domain”. Lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini.

cara membeli domain dan memasangnya di blog

Untuk sementara biarkan halaman tersebut tetap terbuka

3. Selanjutnya buka blog anda di tab baru. Masuk ke setelan > Dasar > pada Publikasi klik +siapkan url pihak ke-3 untuk blog Anda. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

cara membeli domain dan memasangnya di blog

Isi kolom diatas dengan nama domain yang sudah anda beli. Tambahkan www didepannya. Misalnya www.taktentuang.com. Kemudian klik Simpan. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

cara membeli domain dan memasangnya di blog

Penting! Perhatikan beberapa bagian yang sudah saya beri nomor 1, 2, 3. Karena kode-kode tersebut yang nantinya akan kita masukkan pada setelan domain akun kita pada penyedia domain.

4. Silahkan copy kode di blogspot seperti yang ditandai diatas satu-persatu. Kemudian buka kembali dashboard setelan domain di jagoan hosting.

Paste-kan pada tempat yang sudah penulis tandai dengan nomor yang sama. Seperti gambar dibawah ini.

cara membeli domain dan memasangnya di blog

Isi kolom email dan password login pada akun jagoan hosting. Kemudian klik “save all configuration”

5. Kembali pada dashboard di blogspot > klik simpan.

Selesai.

Jika Anda kembali pada dashboard setelan domain pada penyedia domain, biasanya akan muncul notifikasi seperti dibawah ini

cara membeli domain dan memasang di blog

 

” Record has been added. Please Wait few hours (max 24 hours) for domain propagation before you save in your blogspot configuration”. 

Yang artinya kurang lebih seperti ini : Record telah ditambahkan. Silahkan tunggu minimal 24 jam untuk propagasi (perubahan record) domain sebelum disimpan pada konfigurasi blogspot Anda.

Pengalaman penulis jika tidak ada masalah, dalam hitungan menit kita sudah bisa mengakses blog kita dengan domain yang baru kita pasang.

Tapi pada kesempatan lain, penulis pernah mengalami masalah saat custom domain. Dan pihak penyedia domainnnya menyuruh menunggu hingga hingga 72 jam.

Saran penulis, jika setelah memasang domain tunggulah beberapa jam. Jika blog anda belum bisa dipasang dengan domain tersebut maka cobalah menanyakan masalah tersebut pada pihak penyedia domain.

Only registered users can comment.

Hai...Thanks ya sudah berkunjung, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)