Blogging

Biaya Membuat Blog Dengan Blogspot dan WordPress 2018

27 February 2018

Apa sih mbak bedanya blogspot dan wordpress?” 

Pertanyaan ini sering ditanyakan teman-teman yang bingung dengan banyaknya cms (content management system) untuk membuat blog. 

Kali ini saya ingin membahasnya dari sisi biaya pembuatan masing-masing cms tersebut. 

Sebelum itu, mari kita berkenalan dulu dengan istilah domain dan hosting yang tidak bisa dipisahkan dalam membangun sebuah web. 

Domain adalah adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. 

Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat untuk menyimpan data dan menjalankan aplikasi/website. 
Gambaran mudahnya seperti ini. 

Jika kita membangun sebuah rumah tentu kita perlu tanah untuk membangun. Nah, rumah itu ibarat blog atau website kita. Sedangkan tanah itu ibarat hosting tempat berdirinya website kita. 

Adapun domain itu ibarat alamat rumah kita. Alamat akan memudahkan orang lain menemukan rumah kita. 

Begitupun halnya dengan domain, denqan memiliki domain khusus apalagi unik, orang lain akan mudah mengingat dan mengunjungi blog/web kita. Begitu! 

Blogspot atau blogger.com adalah CMS milik google. Contoh alamat blog dengan menggunakan blogspot adalah http://mutiafaridah.blogspot.com. Perhatikan ada akhiran blogspot dibelakang alamat blognya. 

Biaya membuat blog terbaru 2018Di blogger.com kita tidak perlu menyewa space hosting karena sudah disediakan cuma-cuma oleh Google. Jadi gak perlu pusing memikirkan, “kalau saya upload banyak gambar bisa nggak ya?”. 

Tapi untuk urusan domain yang berkaitan dengan alamat blog, saya sarankan Anda tetap membelinya. 

Kenapa? 

Agar blog maupun website Anda lebih terpercaya dan profesional. Apalagi jika blog Anda merupakan website marketing, website pendidikan, dan lain-lain. Meskipun untuk website profesional, saya tetap menyarankan menggunakan wordpress self hosted. 

Berapa harga sebuah domain? 

Untuk domain yang paling umum digunakan seperti .com (baca: dotkom) harganya berkisar antara Rp 126.000-150.000 pertahun. 

Jika harga 150 ribu dibagi 1 tahun, biaya perawatan blog tersebut tidak sampai 1000 perhari. Nah murah bukan? 

Selengkapnya tentang domain, Anda bisa membacanya pada artikel Pentingnya Membeli Domain dan Cara Membeli Domain. 

Bagaimana dengan wordpress? 

WordPress terbagi menjadi 2 (dua) yaitu wordpress.com dan wordpress.org. 

WordPress.com ini cms (content management system) yang sifatnya gratis. Alamat blog atau web yang kita buat dengan wordpress.com ini misalnya http://dewadewi.wordpress.com.

Tapi sayangnya, wordpress.com ini domainnya tidak bisa dikustom seperti halnya blogspot. Dan kapasitas datanya pun dibatasi. 

Maka kalau pengguna wordpress ini ingin spacenya besar dan bisa meni’mati beragam fitur wordpress disarankan migrasi ke wordpress.org. 

Untuk membuat blog maupun web dengan wordpress.org atau wordpress self-hosted ini kita harus menyewa domain dan hostingnya sekaligus. 

Jenis hostingnya pun macam-macam. Ada cloud hosting, shared hosting, VPS dan lain-lain.

Berapa biayanya?

Untuk blog standar dengan data teks maupun gambar normal, kita perlu hosting dengan kapasitas minimal 1 GB. Dengan perkiraan biaya Rp 300 ribu/tahun (umumnya sudah termasuk domain). 

Bagaimana tentang tampilan? 

Dengan wordpress self hosted ini kita bisa membuat blog/web dengan tampilan apapun. 

Ada ribuan template gratis dan berbayar serta ribuan plugin yang siap mempercantik tampilan blog Anda. 

Satu lagi biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membuat blog yaitu membeli template. 

Template adalah desain tampilan blog/web kita. Umumnya harga per template mulai 100 ribu keatas. Tapi untuk sebuah blog, ini sifatnya tidak wajib. Banyak kok template gratis nan cantik yang bisa kita unduh di internet. 

Oke, apapun pilihan Anda untuk mulai membuat blog, jangan khawatir nantinya Anda tetaplah disebut seorang Blogger.

Semoga bermanfaat ?

Hai...Thanks ya sudah berkunjung, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)