Bersedekah di media sosial
Media Sosial

​3 Tiga Cara Super Mudah Bersedekah di Media Sosial

26 November 2018

Di era milenial ini siapa sih yang nggak memiliki media sosial. Selagi mempunyai smartphone dan terkoneksi dengan internet hampir pasti memiliki akun media sosial. Meskipun ada juga sebagian kecil yang memang sengaja atau merasa tidak perlu menggunakan media sosial.

Pengguna media sosial saat ini juga memiliki  motivasi yang beragam. Mulai dari menggunakan media sosial untuk memasarkan produk, kampanye politik, branding, sampai untuk tempat curhat.

Terlepas dari semua motivasi tersebut, tahukah Anda bahwa kita juga bisa bersedekah di media sosial?

Sedekah atau shadaqah bermakna pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah memiliki arti yang luas. Bukan hanya dengan materiil  (uang) tapi juga non materiil.

Contohnya.

Menyingkirkan paku di jalanan itu sedekah. Menanam pohon dan buahnya dicuri orang lain jika kita ikhlas itu juga sedekah. Bahkan tersenyum saja juga dianggap sedekah. Masyaallah.

Lalu bagaimana cara bersedekah di media sosial? Simak penjelasan berikut ini.

1. Membuat konten yang bermanfaat adalah bagian dari bersedekah

Anda ahli dalam menyelesaikan pekerjaan rumah? Buat tips singkat tentang solusi menyelesaikan suatu masalah. Entah itu memperbaiki baju robek, cara melipat baju agar terlihat rapi dll. Mulai dari hal sederhana saja. Tidak perlu rumit dan muluk-muluk.

Tidak bisa menyusun kalimat panjang untuk membuat tips? Jangan khawatir foto saja step by stepnya dan beri caption singkat.

“Akh masak melipat baju aja perlu tips? ” Itu contoh saja. Tapi sebenarnya kita tidak pernah tahu jika ternyata banyak orang di luar sana kesulitan dalam hal tersebut.

“Akh ribet bikin konten sendiri mending share aja”. Boleeeh! Tapi pastikan konten tersebut bukan konten yang mengandung hoax. Bukan hanya kita berdosa tapi kita bisa di bui karenanya. Naudzubillahi min dzalik.

2. Membahagiakan orang lain dengan me-like postingannya

Membahagiakan orang lain juga termasuk bersedekah. Asal ikhlas tentunya. Eh apa like aja bisa bikin orang bahagia?Bisa dong!

Ilustrasinya seperti ini.

Baru saja membuat status di facebook atau upload gambar di instagram, eh sudah ada notifikasi ” si A menyukai status yang Anda bagikan” misalnya. Bahagia nggak kalau mendapat notifikasi begitu? Bahagia pastinya. Semakin banyak like semakin berlipat kebahagiaan kita. Kita juga lebih bersemangat untuk posting lagi dan lagi.

Bersedekah di media sosial

Karena satu like kita pada postingan teman membuatnya bahagia. Maka jangan pelit menekan tombol like. Tentu dengan catatan konten yang kita like tadi adalah konten yang positif dan bukan sebaliknya. Ya kan?

3. Jangan lupa up postingan teman

Saya termasuk pengguna media sosial yang jarang sekali update status di media sosial sendiri. Meski sehari-hari mengurus media sosial orang lain karena tuntutan pekerjaan. Tapi jika kebetulan memiliki waktu luang untuk membuka facebook misalnya, saya menyempatkan untuk like beberapa postingan sekaligus. Sesekali saya memberi komentar “up” pada postingan jualan orang yang saya kenal.

Jika anda mengenal istilah edge rank maka Anda pasti tahu bahwa setiap like, komentar dan share akan berpengaruh pada nilai postingan itu sendiri. Nilai yang paling tinggi adalah share dan yang paling rendah adalah like.

Intinya sebuah postingan yang memiliki ketiga faktor diatas akan semakin naik ke timeline/feed/beranda. Artinya akan lebih banyak orang yang melihat postingan tersebut. Dan jika itu postingan jualan bisa jadi akan ada peluang closing karena hal tsb. Jadi dengan like dan komentar kita ikut berkontribusi dalam membuka rezeki teman kita lewat postingannya. Bukankah itu termasuk sedekah?

Sebenarnya sih nggak harus komentar “up”. Kita bisa berkomentar lainnya yang lebih enak dibaca atau berkomentar dengan doa, ” Mudahan laris ya jualannya” misalnya.

Nah mudah bukan bersedekah di media sosial? Punya tambahan tips lagi? Atau nggak setuju dengan tulisan diatas? Share di kolom komentar yuk.

Monggo share komentar Anda disini, Teman!