4 Widget penting di Blogspot dan Cara Memasangnya

Widget maupun gadget  di blog memiliki arti yang sama. Yaitu, aplikasi atau fitur berupa script atau kode tertentu yang dipasang di blog.

Di blogspot ada sekitar 27 widget dasar/bawaan  dan ratusan widget lain yang disediakan oleh pihak diluar tim blogspot. Kita tinggal memilih mana widget yang memang perlu dipasang di blog kita.

Fungsi widget sendiri tergantung jenis widgetnya. Misal widget Populer Post berfungsi untuk menampilkan postingan terpopuler yang paling banyak dibaca pengunjung di blog tersebut.

Diantara beberapa widget tersebut, ada 5 widget yang wajib dipasang. Yaitu :

  1. Widget Penelusuran Blog. Widget ini berfungsi memudahkan pengunjung mencari artikel yang diinginkan di blog kita.
  2. Widget Recent Post. Yaitu widget yang berfungsi untuk menampilkan artikel terbaru di blog kita.
  3. Widget Popular post. Yaitu widget yang berfungsi untuk menapilkan postingan yang paing sering dibaca pengunjung di blog kita.
  4. Widget ikuti Lewat Email. Widget ini berfungsi memudahkan pengunjung untuk mengikuti blog kita via email.

Kita bisa memasang widget di sidebar kanan  atau kiri, pada Footer maupun Header blog tergantung jenis widget dan template yang kita gunakan.

Perlu diingat memasang widget di blog terlalu banyak bisa mempengangaruhi kecepatan loading blog saat diakses, membingungkan pengunjung dan juga membuat kesan blog kita kurang professional. Jadi pasang widget seperlunya saja.

Cara memasang widget di Blogspot

Pada tutorial ini, saya akan mencontohkan cara memasang widget statistik pengunjung di blog. Widget ini  berfungsi untuk menampilkan jumlah pengunjung di blog kita. Kita bisa mengaturnya untuk menampilkannya per 7 (tujuh) hari, 1 (satu) bulan atau tanpa batasan waktu.

  1. Buka dasbor blog. Kemudian klik Tata Letak lalu klik add gadget seperti gambar dibawah ini.

  1. Gambar dibawah ini adalah daftar widget/gadget yang bisa kita tambahkan di blog. Setiap widget dalam daftar tersebut sudah dilengkapi penjelasan singkat dibawahnya. Klik tanda Plus (+) disamping kanan widget untuk menambahkan.
  1. Untuk widget statistik akan muncul seperti gambar dibawah ini. Atur judul, jangka waktu, gaya statistik yang diinginkan. Kemudian klik simpan.
  2. Widget yang kita pilih tadi otomatis akan berada diatas widget yang lain. Untuk mengatur posisi widget, klik dan tahan widget yang akan kita pindahkan. Kemudian geser naik-turun sesuai posisi yang kita inginkan.

  1. Klik lihat blog untuk melihat tampilan blog kita dengan widget yang baru kita pasang.

Hai...Silahkan tinggalkan komentar disini Temans ;-)