Blogging

4 Aplikasi Wajib Smartphone Blogger

6 Mei 2017

Bagi seorang Blogger, Komputer/Laptop adalah alat tempur utama yang harus dimiliki. Tapi terkadang saat harus mobile, menenteng laptop kemana-mana sedikit merepotkan. Untuk mengatasi hal tsb, Anda bisa menggunakan Smartphone.

Yups! Smartphone adalah gadget yang paling sering menemani kemanapun kita pergi. Selain bentuknya yang pas di genggaman tangan, smartphone juga menawarkan beragam fitur dan aplikasi yang bisa kita manfaatkan sesuai kebutuhan kita termasuk aktivitas blogging.

Lalu smartphone dengan spesifikasi seperti apa yang sesuai untuk aktifitas Blogging?

Sesuai pengalaman saya, saya sarankan smartphone dengan minimal RAM 2 GB. Hal itu akan memudahkan kita dalam melakukan aktifitas multitasking (membuka beberapa aplikasi bersamaan) tanpa mengalami hang. 

Saat ini sudah banyak beredar smartphone dengan RAM 2GB yang harganya cukup terjangkau. 

Bahkan dengan budget dibawah 2 jutaan pun Anda sudah bisa memiliki smartphone yang saya maksud.

Untuk menunjang aktifitas blogging dengan Smartphone, Anda bisa menginstall beberapa aplikasi dibawah ini:

1. WPS Office+PDF

Aplikasi ini merupakan rangkaian aplikasi office yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar pada smartphone Android. Dengan aplikasi ini Anda dapat  membuat draft maupun artikel untuk blog Anda kapan saja dan dimana saja melalui smartphone Anda.

 Jadi Anda tidak perlu khawatir, jika ide menulis datang tiba-tiba, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini agar ide yang muncul tidak hilang sia-sia.

2. Pocket

Untuk membuat sebuah tulisan yang berkualitas, tentu kita membutuhkan banyak referensi baik melalui artikel  maupun video yang tersebar di internet. 

Untuk itu kita membutuhkan aplikasi Pocket ini. Aplikasi ini sangat berguna untuk menyimpan artikel apapun yang kita inginkan lalu membacanya dalam mode offline. Sehingga dapat menghemat paket data internet pada smartphone kita.

3. WordPress/Blogger

Ada 2 (dua) platform untuk membuat blog yang paling banyak digunakan yaitu WordPress dan blogger. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut sesuai platform blog yang Anda miliki. 

Meski fiturnya tidak selengkap saat kita blogging dengan PC/Laptop, tetapi aplikasi ini minimal membantu untuk menyimpan postingan sementara sebelum dipublikasikan.

Untuk mengefektifkan aplikasi ini, saya biasanya menulis artikel terlebih dahulu di WPS Office+Office baru kemudian saya copy-paste ke aplikasi wordpress/Blogger.

4. PhotoGrid

Photogrid merupakan aplikasi edit foto yang menurut saya cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan gambar pada artikel di blog. 

Ada puluhan filter dan fitur canggih yang memungkinkan penggunanya mengedit foto menjadi lebih indah sesuai kebutuhan dan selera penggunanya.

Meskipun smartphone memiliki spesifikasi yang hampir lengkap untuk aktifitas blogging, tetapi ada beberapa fitur dalam mengelola blog yang terkadang tidak muncul di smartphone. 

Karena itu, untuk pengeditan akhir artikel Anda seyogyanya tetap menggunakan laptop/komputer.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan mengispirasi Anda. Terimakasih sudah berkunjung ke blog mutiadiwan.com.

Jika Anda berkenan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Bagi pengunjung sesama Blogger Insyaallah saya akan mengunjungi balik blog Anda. Sukses selalu untuk Anda ūüėČ

Only registered users can comment.

  1. aku biasanya ngedraft tulisan di email malah ;p… hihihihi.. trs baru deh dicopas ke blog kalo udh jadi :D.. itu yg aplikasi pocket aku baru tau mba… coba ah aku mw install juga… selama ini kalo nyimpen artikel yg ptg aku malah bookmark… tp jd g bisa offline ya.. ujung2 kalo ada poin tulisan yg mau disimpen , aku screenshot deh :D.. gaptek bgt memang

  2. saya dulu pernah instal pocket tapi karena memori semakin penuh terpaksa dihapus deh. ini mau instal aplikasi edit foto udah nggak muat lagi ponselnya ūüôĀ

    1. Ya Bu kita memang harus pilah pilah aplikasi smartphone yang benar-benar kita butuhkan. Untuk mengurangi memory di di ponsel, kita bisa memindahkan sebagian aplkasi ke memori eksternal.

  3. aku udah ada 4 aplikasi di atas kecuali pocket, sering kan ya klo lagi nulis butuh bahan bacaan, klo kuota seret, mayan kan ya itu bolak balik cari bahan bacaan di dumay, klo ada pocket gini lebih praktis

  4. wah baru denger tuh pocket biasanya saya kalau cari refrensi itu di uc news, lumayan lengkap lah nanti saya coba download aplikasi pocket makasih infonya

Terima kasih sudah mampir. Monggo share komentar Anda disini, Teman!